MANAJEMEN PEMBINAAN SENI BACA AL-QUR’AN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS TILAWAH SANTRI PONDOK PESANTREN DARUSSA’ADAH KECAMATAN TALANG PADANG KABUPATEN TANGGAMUS

Amin, Khoirul (2017) MANAJEMEN PEMBINAAN SENI BACA AL-QUR’AN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS TILAWAH SANTRI PONDOK PESANTREN DARUSSA’ADAH KECAMATAN TALANG PADANG KABUPATEN TANGGAMUS. Undergraduate thesis, IAIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI_WATERMARK_FIX_N.pdf]
Preview
PDF
Download (3MB) | Preview

Abstract

perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan pengendalian untuk meningkatkan dan mengembangkan kemampuan yang dimiliki oleh santri Pondok Pesantren Darussa’adah dalam membaca Al-Qur’an dengan menggunakan lagu supaya bacaannya lebih baik dari sebelumnya dengan menyesuaikan aturan lembaga tersebut guna mencapai tujuan secara efektif dan efisien. Pondok Pesantren Darussa’adah merupakan wadah untuk mempelajari Al- Qur’an, jumlah santri setiap tahunnya selalu meningkat. Diketahui bahwa yang mengikuti program seni baca Al-Qur’an tahun 2016 berjumlah 40 orang, dalam setiap tahunnya Pondok Pesantren Darussa’adah mampu menghasilkan qori dan qoriah terbaik satu, dua dan tiga, baik tingkat Kecamatan, Kabupaten, Provinsi bahkan Nasional. Berkaitan dengan hal tersebut, maka penulis ingin mengetahui bagaimana manajemen pembinaan seni baca Al-Qur’an yang dilakukan di Pondok Pesantren Darussa’adah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan pelaksanaan program seni baca Al-Qur’an di Pondok Pesantren Darussa’adah Desa Banjar Sari Kecamatan Talang Padang Kabupaten Tanggamus. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field Research) yang bersifat deskriptif, populasi dalam penelitian ini berjumlah 45 orang yang terdiri dari 5 orang pengurus dan 40 orang santri, kemudian penulis mengambil sampel sebanyak 11 orang diantaranya 1 orang pengasuh, 1 orang ketua seksi pendidikan, 3 orang pembina, 2 orang santri tingkat tartil Al-Qur’an, 2 orang santri tingkat tilawah dasar dan 2 orang santri tingkat tilawah lanjutan. Alat pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini adalah interview, observasi dan dokumentasi. Program seni baca Al-Qur’an di Pondok Pesantren Darussa’adah dibagi menjadi tiga tingkatan, yaitu tingkat tartil lebih menekankan pada pembelajaran ilmu tajwid dan lagu murotal, tilawah dasar mempelajari empat macam lagu dan tilawah lanjutan mempelajari tujuh macam lagu. Pembinaan dikatakan berhasil apabila santri mampu menguasai macam-macam lagu pada tingkatannya masing-masing dalam jangka waktu satu tahun dan menjadi qori qoriah terbaik I, II dan III pada ajang MTQ (Musabaqoh Tilawatil Qur’an) minimal tingkat Kabupaten. Santri tingkat tartil akan dinaikan ketingkat tilawah dasar dan tingkat tilawah dasar akan dinaikan ketingkat tilawah lanjutan setelah dinilai menguasai materi yang telah diberikan. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa manajemen pembinaan seni baca Al- Qur’an Pondok Pesantren Darussa’adah sudah baik, hal ini berdasarkan pembinaan yang dilakukan sudah cukup efektif dengan metode dan materi serta pembina yang sudah kompetibel dalam bidang tilawah dan hasil penilaian yang dilakukan setiap bulan maret dan september serta banyaknya santri yang berprestasi pada ajang MTQ (Musabaqoh Tilawatil Qur’an) dalam setiap tahunnya, walaupun didalam proses pengorganisasian dan pelaksanaannya belum sepenuhnya berjalan secara optimal. Kata Kunci : Manajemen Pembinaan Seni Baca Al-Qur’an dan Tilawah Santri

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 27 Mar 2017 06:43
Last Modified: 27 Mar 2017 06:43
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/470

Actions (login required)

View Item View Item