PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN PRACTICE REHEARSAL PAIRS (PRP) TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS VII SMP 21 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2018

Kartika, Dina (2018) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN PRACTICE REHEARSAL PAIRS (PRP) TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS VII SMP 21 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2018. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI LENGKAP.pdf]
Preview
PDF
Download (17MB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini rendahnya aktivitas peserta didik pada bidang pendidikan agama islam, aktivitas yang kurang dari dalam diri siswa menyebabkan siswa tidak memusatkan diri pada kegiatan pelajaran, kurangnya kesiapan guru dalam mengajar sehingga pembelajaran menjadi tidak kreatif. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui apakah terdapat pengaruh pada aktivitas belajar pendidikan agama islam dengan menggunakan strategi practice rehearsal pairs . Penelitian ini dilakukan di kelas VII SMPN 21 Bandar Lampung yang berjumlah 64 orang. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini yaitu cluster random sampling, sampel dipilih berdasarkan kelas secara acak menjadi 2 kelas. Sampel pada penelitian ini adalah kelas VIIA yang terdiri dari 32 orang sebagai kelas yang pembelajarannya menggunakan strategi PRP , dan kelas VIIB terdiri dari 32 orang sebagai kelas yang pembelajarannya menggunakan konvensional. pengumpulan data pada penelitian ini berupa angket dan dokumentasi. Hasil rekapitulasi uji hipotesis pada kelas A dan kelas B maka didapatkan thitung memperoleh nilai 3.91 dan ttabel adalah 2.00 sehingga hasilnya thitung > ttabel yang artinya H1 diterima dan H0 ditolak. jadi dapat disimpulkan bahwa Ha : H1 :

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 19 Oct 2018 02:07
Last Modified: 19 Oct 2018 02:07
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4699

Actions (login required)

View Item View Item