MENGEMBANGKAN KOSAKATA BERBAHASA INDONESIA MELALUI PENERAPAN METODE MIND MAPPING PADA ANAK KELOMPOK B TK AL KHAIRIYAH KECAMATAN LABUHAN RATU KOTA BANDAR LAMPUNG

Fitriyanti, Eka (2018) MENGEMBANGKAN KOSAKATA BERBAHASA INDONESIA MELALUI PENERAPAN METODE MIND MAPPING PADA ANAK KELOMPOK B TK AL KHAIRIYAH KECAMATAN LABUHAN RATU KOTA BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI LENGKAP.pdf]
Preview
PDF
Download (6MB) | Preview

Abstract

Penggunaan metode mind mapping (peta pikiran) dalam proses belajar mengajar memiliki dampak yang sangat penting dalam meningkatkan kemampuan kosakata berbahasa bagi peserta didik. Karena dengan penggunaan metode tersebut diharapkan teori yang diterima anak dalam belajar langsung dapat dipahami dan dipraktekan. Rumusan masalah yang diajukan adalah “Apakah penerapan metode mind mapping dapat mengembangkan kosakata berbahasa Indonesia pada anak kelompok B TK Al Khairiyah Kota Bandar Lampung”?. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui penerapan metode mind mapping dapat mengembangkan kosakata berbahasa Indonesia pada anak kelompok B TK Al Khairiyah Kota Bandar Lampung. Metode penelitian yang digunakan adalah dengan menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (ptk ) yaitu analisa data yang menekankan pada makna, penalaran, definisi suatu situasi tertentu serta menggambarkan apa adanya mengenai perilaku obyek yang sedang diteliti. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, interview dan dokumentasi. Sedangkan obyek dalam penelitian ini adalah seluruh anak didik kelas B TK Al Khairiyah TK Al Khairiyah Kecamatan Labuhan Ratu Kota Bandar Lampung berjumlah 193 orang. Kesimpulan penelitian bahwa penerapan metode mind mapping dapat mengembangkan kosakata berbahasa Indonesia pada Anak Kelompok B TK Al Khairiyah Kecamatan Labuhan Ratu Kota Bandar Lampung, hal ini dapat dilihat dari adanya peningkatan pada setiap siklus, pada siklus I dari 19 peserta didik yang kemampuan kosakata belum berkembang berjumlah 7 orang atau 36.8 %, kemampuan kosakata mulai berkembang berjumlah 9 orang atau 47.4 % sedangkan kemampuan kosakata berkembang sangat baik berjumlah 3 orang atau 15.8 %. Kemudian meningkat pada siklus II dari 19 peserta didik yang kemampuan kosakata belum berkembang berjumlah 0 orang atau 0.0 %, kemampuan kosakata mulai berkembang berjumlah 2 orang atau 105 % sedangkan kemampuan kosakata berkembang sangat baik berjumlah 17 orang atau 89.5 %. Dengan demikian indikator keberhasilan yang ditetapkan yaitu apabila 85 % siswa Kelompok B TK Al Khairiyah Bandar Lampung kemampuan kosakata berbahasa berkembang sangat baik dapat tercapai. Kata kunci : Mengembangkan Kosakata Berbahasa Indonesia, Metode Mind Mapping

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 18 Oct 2018 06:31
Last Modified: 18 Oct 2018 06:31
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4697

Actions (login required)

View Item View Item