PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINKING EMPOWERMENT BY QUESTIONING DENGAN TEKNIK MIND MAP TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VII MTS AL-KHAIRIYAH BANDAR LAMPUNG

Saputra, Ahmad Agus (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINKING EMPOWERMENT BY QUESTIONING DENGAN TEKNIK MIND MAP TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VII MTS AL-KHAIRIYAH BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI.pdf]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran thinking empowerment by questioning dengan teknik mind map terhadap keterampilan berpikir kritis siswa kelas VII MTs Al-Khairiyah Bandar Lampung. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah quasi experimental design. Desain penelitian yang digunakan pada quasi experimental ini adalah Posttest Only Control Group Design. Penelitian dilaksanakan pada tanggal 25 Januari s/d 25 Februari 2018 di kelas VII MTs Al-Khairiyah Bandar Lampung dengan teknik pengambilan sampel adalah cluster random sampling. Sampel ini terdiri 2 kelas yaitu kelas eksperimen (VIIB) dan kelas kontrol (VIIA). model pembelajaran thinking empowerment by questioning dengan teknik mind map dilaksanakan pada kelas eksperimen (VIIB) sedangkan untuk kelas kontrol (VIIA) menggunakan model pembelajaran langsung. Teknik pengumpulan data berupa dengan tes essay kemampuan berpikir kritis. Perhitungan data menggunakan uji t independen untuk melihat perbedaan rata-rata dua variabel. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh uji t independen keterampilan berpikir kritis pada taraf signifikan 5% (0,05), dengan hasil t hitung (2,256423) > t tabel (1,678660). Berdasarkan hasil uji t independen, maka dinyatakan Hi diterima artinya, ada pengaruh model pembelajaran thinking empowerment by questioning dengan teknik mind map terhadap keterampilan berpikir kritis siswa kelas VII MTs Al-Khairiyah Bandar Lampung. Kata kunci : Thinking Empowerment By Questioning, Teknik Mind Map, Keterampilan Berpikir Kritis

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 18 Oct 2018 03:42
Last Modified: 18 Oct 2018 03:42
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4694

Actions (login required)

View Item View Item