PELAYANAN PERPUSTAKAAN DI PONDOK PESANTREN RAUDLATUL MUTAALIMIN KECAMATAN KASUI KABUPATEN WAYKANAN

Apriyansyah, A (2018) PELAYANAN PERPUSTAKAAN DI PONDOK PESANTREN RAUDLATUL MUTAALIMIN KECAMATAN KASUI KABUPATEN WAYKANAN. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Untuk meningkatkan sumber daya manusia yang memiliki intelektual dan unggul, mampu bersaing dalam bidangnya maka tidak terlepas dari peranan Pondok Pesantren sebagai institusi pendidikan. Pondok pesantren bertugas menghasilkan penerus bangsa yang berkualitas. Proses belajar dan mengajar saja tidak cukup tetapi perlu didukung dengan fasilitas-fasilitas penunjang lainnya terutama perpustakaan. Karena perpustakaan adalah tempat dimana pelajar,dapat memperoleh informasi dan belajar mandiri guna untuk meningkatkan kualitasnya. Perpustakaan sebagai organisasi publik nonprofit memberikan pelayanan informasi kepada masyarakat pemakainya dengan mengutamakan kepuasan pelanggan. Berbeda dengan organisasi bisnis yang memberikan layanan umum dengan mengutamakan keuntungan (profit). Karena itu sebenarnya perpustakaan identik dengan pelayanan. Maka perpustakaan dan petugas perlu mengubah pola pikir bahwa pemakai adalah pelanggan (customers). Kepuasan pelanggan menjadi salah satu tujuan pelayanan suatu perpustakaan. Untuk mencapai tujuan pelayanan yang berkualitas, perpustakaan dituntut untuk memenuhi kebutuhan masyarakat penggunanya. Tidak saja terpenuhinya sumber-sumber informasi tetapi perlu juga diperhatikan fasilitas-fasilitas fisik, kualitas pelayanan, dan teknologi yang dapat membantu proses pelayanan sehingga tercapainya kepuasan pemakai, karena kepuasan dan loyalitas adalah berkaitan, walaupun keterkaitannya ada, tidak selalu beriringan. Permasalahan yang diambil dalam penelitian ini adalah bagaimana pelayanan perpustakaan Di Pondok Pesantren Raudlatul Mutaalimin Kecamatan Kasui Kabupaten Waykanan. Tujuannya adalah untuk mengetahui bagaimana pelayanan perpustakaan Di Pondok Pesantren Raudlatul Mutaalimin Kecamatan Kasui Kabupaten Waykanan dalam meningkatkan kualitas para santri. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif.Pengumpulan data di peroleh dari wawancara, observasi dan dokumentasi.Untuk menentukan sampel, menggunakan teknik Purpose Sampling. Adapun sampel penulis mengambil dari Pengurus lembaga Pondok Pesantren Raudlatul Mutaalimin dan para santri. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa sistem pelayanan yang diterapkan yaitu 1) pelayanan terbuka yaitu pelayanan yang memberi kesempatan pengunjung bebas untuk memilih buku yang akan dibaca dan di bawa. 2)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 18 Oct 2018 01:31
Last Modified: 18 Oct 2018 01:31
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4691

Actions (login required)

View Item View Item