PELAKSANAAN KONSELING INDIVIDU DENGAN PENDEKATAN KONSELING REALITAS DALAM MENGURANGI PERILAKU MEMBOLOS PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP PERINTIS 2 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2017/2018

Afrira, Dylia (2018) PELAKSANAAN KONSELING INDIVIDU DENGAN PENDEKATAN KONSELING REALITAS DALAM MENGURANGI PERILAKU MEMBOLOS PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP PERINTIS 2 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI DILY.pdf]
Preview
PDF
Download (5MB) | Preview

Abstract

Membolos termasuk dalam kenakalan remaja, di mana dapat diartikan perbuatan melanggar aturan, perilaku yang tidak dapat diterima secara sosial. Membolos merupakan suatu bentuk perbuatan untuk melalaikan kewajiban belajar di sekolah. Bimbingan konseling sebagai bagian integral dari pendidikan, mempunyai tanggungjawab mengatasi masalah membolos siswa di sekolah melalui pelayanan bimbingan dan konseling. Konseling realitas memandang konseling sebagai suatu proses yang rasional. Konselor diharapkan mampu memerankan sebagai guru yang menciptakan situasi kondusif mengajar, memberi contoh serta mengajak konseli untuk menghadapi realita hidup. Oleh karena setiap orang, termasuk siswa selalu dihadapkan pada kenyataan, maka pendekatan ini tepat untuk diterapkan oleh konselor dalam menangani masalah-masalah psikologis dan perilakuperilaku/ perbuatan yang tidak realistis atau yang tidak sesuai dengan aturan yang berlaku. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji Pengaruh konseling Individu Teknik konseling realitas untuk mengurangi perilaku membolos siswa di sekolah. Jenis penelitian ini adalah Pre-eksperimental designs dengan desain penelitian One-group pretest-posttest design. Sample penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Perintis 2 Bandar Lampung yang Memiliki Perilaku Membolos yang tingi. Kemudian didapatkan 6 sampel kategori tinggi melalui teknik Purposive Sampling untuk menangani Perilaku Membolos peserta didik. Dari hasil penelitian dan analisis data dapat diketahui t adalah 18.657 kemudian thitung dibandingkan dengan ttabel dengan ketentuan thitung > ttabel (18.657 > 2.446), dengan demikian Perilaku Membolos peserta didik berkurang setelah diberikan konseling ralitas. Dan sig 0,00 < α= 0.05 Jadi dapat disimpulkan bahwa Konseling Individu dengan teknik Konseling Realitas berpengaruh secara signifikan dalam mengurangi Perilaku Membolos peserta didik Kelas VIII SMP Perintis 2 Bandar Lampung. Selain dari uji t, penurunan skor juga dapat dilihat dari rata-rata skor pretest yaitu 74.5 dan setelah diberikan layanan konseling Individu dengan teknik Konseling Realitas menurun menjadi 35.2 dengan skor rata-rata rentang skor adalah 38. Dengan demikian maka dapat di tarik kesimpulam bahwa layanan Konseling Individu dengan teknik Konseling Realitas memiliki Pengaruh dalam menurunkan tingkat membolos peserta didik. Kata kunci : Konseling Realitas, Perilaku Membolo

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 16 Oct 2018 07:58
Last Modified: 16 Oct 2018 07:58
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4687

Actions (login required)

View Item View Item