IMPLEMENTASI METODE BERMAIN PERAN UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI ANAK DI PAUD ANGGREK NATAR LAMPUNG SELATAN

Nurilah, N (2017) IMPLEMENTASI METODE BERMAIN PERAN UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI ANAK DI PAUD ANGGREK NATAR LAMPUNG SELATAN. Undergraduate thesis, IAIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI_NURILAH.pdf]
Preview
PDF
Download (3MB) | Preview

Abstract

Pendidikan bagi anak usia dini sangat penting dilakukan. Sebab, pendidikan bagi anak usia dini merupakan dasar pembentukan kepribadian manusia secara utuh, yaitu ditandai dengan karakter, budi pekerti, luhur, pandai dan trampil. Dengan demikian maka bisa dikatakan bahwa yang dimaksud dengan Pendidikan Anak Usia Dini (Early childhood education) adalah pendidikan yang ditujukan bagi anak-anak usia prasekolah dengan tujuan agar anak dapat mengembangkan potensi-potensinya sejak dini sehingga mereka dapat berkembang secara wajar sebagai anak. Pembelajaran di PAUD dapat dilakukan secara integrated yang meliputi aspek pengembangan kognitif, bahasa, sosial dan emosi. Maka permainan harus dirancang oleh guru PAUD, karena dengan permainan anak dapat mengembangkan serta mengintergrasikan semua potensinya, sehinga mereka lebih kreatif. Oleh karena itulah bahwa bermain bagi anak akan dapat meniumbulkan motivasi belajar. Penelitian ini bersifat penelitian lapangan, adapun jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan yang difokuskan pada situasi kelas lazim disebut dengan Classroom Action Risearch (penelitian tindakan kelas). Dalam mengumpulkan data yang diperlukan peneliti menggunakan sumber data yang terdiri dari dua sumber yang pertama sumber data primer yaitu jenis datanya diambil dari observasi langsung di lapangan dan intervieu dengan guru, Peserta didik, dan Kepala Sekolah. Dan sumber data yang ke dua yaitu sumber data sekunder dimana data yang diambil melalui orang lain atau lewat dokumentasi. Adapun hasil penelitian yang dilakukan penulis di PAUD Anggrek Natar Lampung Selatan. Siklus I pada pertemuan pertama terdapat 5 peserta didik (25%) yang memiliki motivasi Berkembang Sesuai Harapan, 3 peserta didik (15%) yang memiliki motivasi Mulai Berkembang dan 12 peserta didik (60%) yang memiliki Belum Berkembang. Kemudian, pada pertemuan kedua terdapat 7 peserta didik (35%) yang memiliki motivasi Berkembang Sesuai Harapan, 3 peserta didik (15%) yang memiliki motivasi Mulai Berkembang dan 10 peserta didik (50%) yang memiliki Belum Berkembang. Siklus II pada pertemuan pertama terdapat 11 peserta didik (55%) yang memiliki motivasi Berkembang Sesuai Harapan, 3 peserta didik (15%) yang memilikimotivasi Mulai Berkembang dan 6 peserta didik (30%) yang memiliki Belum Berkembang. Kemudian, pada pertemuan kedua dicapai hasil yang sangat menggembirakan dan memuaskan dimana jumlah peserta didik yang memiliki motivasi Berkembang Sesuai Harapan sebanyak 17 peserta didik (85%), 1 peserta didik (5%) yang memiliki motivasi Mulai Berkembang, dan 2 peserta didik (10%) yang memiliki Belum Berkembang. Kata Kunci : Bermain Peran, Motivasi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects:
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 27 Mar 2017 04:08
Last Modified: 27 Mar 2017 04:08
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/468

Actions (login required)

View Item View Item