PENERAPAN PERMAINAN BALOK DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN VISUAL SPASIALANAK USIA DINI DI TAMAN KANAK-KANAK AL-AZHAR 14 LAMPUNG SELATAN

Amini, Nur (2018) PENERAPAN PERMAINAN BALOK DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN VISUAL SPASIALANAK USIA DINI DI TAMAN KANAK-KANAK AL-AZHAR 14 LAMPUNG SELATAN. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Skripsi Full.pdf]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview

Abstract

Balok adalah alat bantu dalam kegiatan belajar mengajar dengan menggunakan potongan-potongan yang menyerupai kayu yang sama tebalnya dan dengan panjang dua kali atau empat kali sama besarya ada yang berbentuk kurva, slinder dan setengah dari potongan balok juga disediakan, tetapi semua dengan panjang yang sama sesuai dengan ukuran balok-balok dasar. Kecerdasan visual spasial adalah kemampuan yang berkaitan dengan memadukan ciri-ciri objek atau benda yang ada di lingkungan sekitar dalam bentuk gambar mental yang dapat diungkapkan kembali dalam bentuk informansi rinci, gambar, lukisan, pahatan, dan lain-lain. Kecerdasan ini melibatkan kepekaan terhadap warna, garis, bentuk, ukuran, luas, dan hubungan antara unsur-unsur tersebut. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah penerapan permainan balok dalam mengembangkan kecerdasan visual spasial anak usia dini di Taman Kanak-kanak Al-Azhar 14 Lampung Selatan? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimanakah penerapan permainan balok dapat mengembangkan kecerdasan visual spasial anak usia dini di Taman Kanak-kanak Al-Azhar 14 Lampung Selatan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan analisis tersebut maka peneliti mengemukakan hasil penelitian bahwa pengembangan kecerdasan visual spasial anak usia 5-6 tahun di TK Al-Azhar 14 umumnya bernilai baik karna dari ke 4 indikator yang dikemukakan oleh peneliti belum semuanya berkembang sesuai harapan. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan yang sudah peneliti jabarkan tidak semua anak antusias dalam mengikuti permainan balok dan juga masih terdapat beberapa anak yang belum membuat konstruksi menggunakan permainan balok. Kata kunci : permainan balok, kecerdasan visual spasial, anak usia dini

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 16 Oct 2018 03:03
Last Modified: 16 Oct 2018 03:03
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4676

Actions (login required)

View Item View Item