ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN PRODUK PEMBIAYAAN MURABAHAH TERHADAP KEBERLANJUTAN USAHA ANGGOTA (Studi Pada BMT Assyafi’iyah dan BMT Fajar Kota Metro)

Restianita, Oza (2018) ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN PRODUK PEMBIAYAAN MURABAHAH TERHADAP KEBERLANJUTAN USAHA ANGGOTA (Studi Pada BMT Assyafi’iyah dan BMT Fajar Kota Metro). Masters thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of tesis lengkap.pdf]
Preview
PDF
Download (22MB) | Preview

Abstract

BMT merupakan salah satu bagian dari LKMs yang melakukan kegiatan penyediaan jasa keuangan bagi pengusaha kecil dan mikro serta masyarakat berpenghasilan rendah yang tidak terlayani oleh lembaga keuangan formal. Setiap BMT memiliki strategi khusus untuk mendapatkan anggota, salah satunya dengan strategi pemasaran. Peran BMT sebagai fasilitator keuangan bagi pelaku UMKM sangat berpengaruh terhadap keberlanjutan usaha anggotanya. Tujuan penelitian ini adalah melihat implikasi strategi pengembangan produk pembiayaan murabahah yang dilakukan oleh BMT Assyafi’iyah dan BMT Fajar kota Metro dalam keberlanjutan usaha anggota nya. Permasalahan dalam penelitian ini adalah : 1. Bagaimana strategi pengembangan produk Murabahah yang dilakukan oleh BMT Assyafi’iyah dan BMT Fajar kota Metro? dan 2. Bagaimanakah implikasi strategi pengembangan produk Murabahah yang dilakukan oleh BMT Assyafi’iyah dan BMT Fajar kota Metro terhadap keberlanjutan usaha anggota ?. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan menjabarkan hasil penelitian lewat kata-kata, data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan kuesioner. Pengolahan data melalui editing, organizing dan analizing. Hasil penelitian menunjukkan: 1. Strategi pengembangan produk Murabahah yang dilakukan oleh BMT Assyafi’iyah dan BMT Fajar Kota Metro memiliki kesamaan, yaitu menggunakan 4 P prinsip bauran pemasaran (Product, Price, Place, Promotion. Secara keseluruhan BMT Fajar memang jauh lebih unggul dalam melakukan strategi pengembangan pemasaran produk. Meskipun terdapat perbedaan dalam penerapannya. 2. BMT telah berhasil dalam menjalankan strategi dengan dibuktikan bertambahnya asset pembiayaan Murabahah tiap tahunnya. Implikasi strategi pengembangan produk Murabahah terhadap keberlanjutan usaha anggota oleh BMT Assyafi’iyah dan BMT Fajar dapat dilihat dari anggota yang suskes dan mampu membawa bisnisnya berkelanjutan ditandai dengan kenaikan pendapatan usaha anggota setelah mendapatkan pembiayaan murabahah dari BMT. Dalam hal ini, peran pengawasan dan pembinaan dari BMT juga sangat berperan terhadap keberlanjutan usaha anggota, karena jika pembinaan tersebut berhasil maka usaha anggota nya dapat berkembang. Pengaruh baik dari itu adalah anggota akan menularkan kesuksesannya ke rekan-rekan bisnis yang belum menggunakan pembiayaan muabahah. Secara tidak langsng anggota tersebut telah melakukan promosi dan membantu pihak BMT dalam menjalankan Strategi Pengembangan produk Murabahah.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Ekonomi Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 15 Oct 2018 02:42
Last Modified: 15 Oct 2018 02:42
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4661

Actions (login required)

View Item View Item