PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP PEMAHAMAN MATERI IPA KELAS V MIN 6 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2016/2017

Lestari, Asriani (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP PEMAHAMAN MATERI IPA KELAS V MIN 6 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, IAIN Raden Intan Lampung.

[img]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Banyak faktor yang menjadi hambatan terselenggaranya pembelajaran IPA yang bermakna bagi peserta didik di sekolah dasar. Berdasarkan hasil observasi di MIN 6 Bandar Lampung proses pembelajaran masih berpusat pada guru, sehingga peserta didik menjadi pasif. Ini mempengaruhi rendahnya pemahaman peserta didik mengenai pembelajaran, khususnya pada materi IPA yang disampaikan oleh guru di MIN 6 Bandar Lampung. Untuk mengatasi Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari model pembelajaran inkuiri terhadap pemahaman peserta didik mengenai materi IPA kelas V di MIN 6 Bandar Lampung. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Quasy Eksperimen Design yang menggunakan Posttest Only Control Design jenis deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas V MIN 6 Bandar Lampung. Sampel pada penelitian ini adalah peserta didik kelas VA sebagai kelas kontrol dan peserta didik kelas VB sebagai kelas eksperimen. Teknik pengambilan sampel dengan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data pemahaman peserta didik menggunakan tes. Data penelitian yang digunakan yaitu data kuantitatif berupa data nilai posstest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai peserta didik kelas eksperimen “signifikan” dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri diperoleh nilai rata-rata 80. Sedangkan kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional berupa metode ceramah diperoleh nilai rata-rata 69,63. Hasil uji t diperoleh

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 27 Mar 2017 03:31
Last Modified: 27 Mar 2017 03:31
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/466

Actions (login required)

View Item View Item