Penggunaan Media Komputer untuk Meningkatkan Penguasaan Ashwat Arabiyah pada Mata Pelajaran Bahasa Arab bagi Peserta Didik Kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Kalirejo Lampung Tengah

Carolina, Via (2017) Penggunaan Media Komputer untuk Meningkatkan Penguasaan Ashwat Arabiyah pada Mata Pelajaran Bahasa Arab bagi Peserta Didik Kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Kalirejo Lampung Tengah. Undergraduate thesis, IAIN Raden Intan Lampung.

[img]
Preview
PDF
Download (3MB) | Preview

Abstract

Dalam proses pembelajaran bahasa Arab khususnya pembelajaran Ashwat Arabiyah di SMA Muhammadiyah 1 Kalirejo, Guru menggunakan metode pembelajaran yang berpusat teacher-center yaitu dengan metode ceramah hal ini berdampak pada hasil penguasaan Ashwat Arabiyah rendah, oleh karena itu di perlukan media pembelajaran yang sesuai agar dapat meningkatkan penguasaan Ashwat Arabiyah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah penggunaan media komputer dapat meningkatkan penguasaan Ashwat Arabiyah. Adapun Hipotesis penelitian ini adalah melalui dengan menggunakan media komputer, maka dapat meningkatkan penguasaan Ashwat Arabiyah pada pembelajaran bahasa Arab bagi peserta didik kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Kalirejo Lampung Tengah. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research), dengan subjek peserta didik kelas kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Kalirejo Lampung Tengah berjumlah 25 peserta didik, yang menggunakan dua siklus dalam penelitian. Dari setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksana, pengamatan dan refleksi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperbaiki berbagai persoalan nyata dan praktis dalam peningkatan mutu pembelajaran dikelas yang dialami langsung dalam interaksi antara guru dengan siswa yang sedang belajar. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah:Observasi, Tes, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah yang meliputi reduksi data, display data dan verifikasi data. Hasil penelitian dari tes penguasaan Ashwat Arabiyah pada siklus I, bahwa pada siklus I ada 13 peserta didik yang tuntas dengan presentase 52 % sedangkan pada siklus II ada 21 peserta didik yang tuntas dengan presentase 84 %. Terdapat peningkatan 32 % maka dapat dikatakan penguasaan Ashwat Arabiyah peserta didik berhasil. Dapat disimpulkan bahwa penggunakan media komputer dapat meningkatkan penguasaan Ashwat Arabiyah pada pembelajaran bahasa Arab bagi peserta didik kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Kalirejo Lampung Tengah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 24 Mar 2017 03:23
Last Modified: 24 Mar 2017 03:23
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/465

Actions (login required)

View Item View Item