PENERAPAN STRATEGI PEMASARAN GUNA MENINGKATKAN PRODUK-PRODUK DAN JASA DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Kasus Pada KSPPS BMT Adzkiya Khidmatul Ummah Metro

Anggraini, Dian (2018) PENERAPAN STRATEGI PEMASARAN GUNA MENINGKATKAN PRODUK-PRODUK DAN JASA DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Kasus Pada KSPPS BMT Adzkiya Khidmatul Ummah Metro. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

BMTmerupakan lembaga keuangan alternatif bagi masyarakat ekonomi menengah yang tidak dapat dijangkau oleh bank. Eksistensi BMT yang berdasarkan sistem syariah ini diharapkan dapat membantu masyarakat untuk meningkatkan kualitas ekonominya. Untuk menjaga eksistensinya BMT harus menerapkan strategi pemasaran yang tepat sasaran, strategi pemasaran merupakan hal yang penting didalam lembaga keuangan.Strategi pemasaran ini dimaksudkan agar masyarakat mengetahui dan mengenal produk yang dimiliki lembaga keuangan tersebut. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu:1.Bagaimana Penerapan Strategi PemasaranSegmentation, Targeting Dan Positioning Dalam Meningkatkan Produk-Produk SimpanandanJasaPada KSPPS BMT Adzkiya Khidmatul Ummah Metro?2.BagaimanaPenerapan Strategi PemasaranBMT Adzkiya Khidmatul Ummah MetroDalamPerspektifEkonomi Islam? Tujuan danmanfaatdari penelitian ini adalah: 1.Mengetahui Penerapan Strategi PemasaranSegmentation, Targeting Dan Positioning Dalam Meningkatkan Produk-Produk SimpanandanJasa(Studi Kasus Pada KSPPS BMT Adzkiya Khidmatul Ummah Metro).2.MengetahuiPenerapan Strategi PemasaranMeningkatkan Produk-Produk SimpanandanJasaDalamPerspektifEkonomi Islam (Studi Kasus Pada KSPPS BMT Adzkiya Khidmatul Ummah Metro). Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan dengan menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dengan cara wawancaradan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah badan pengawas, pengurus, dan pengelola BMTAdzkiyaKhidmatulUmmah Metro. Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah direktur, marketing maal, kabag. umum dan SDI. Untuk analisis data penulis menggunakan metode berfikir induktif. Hasil penelitian penerapanstrategi pemasaran yang dilakukan di BMT Adzkiya Khidmatul Ummah Metro gunameningkatkan produk-produkdanjasa yaitu: Menerapkan segementasi, targeting dan positioning.Promosi yang dilakukan olehBMT Adzkiya Khidmatul Ummah Metrobelum maksimal dilihat dari perkembangan danasimpanan anggota yang mengalamipenurunanpadatahun 2012,2013,2014. Sehingga BMT Adzkiya Khidmatul Ummah Metro perlu menerapkan strategi promosi yang lebih canggih lagi dengan menggunakan website dan aplikasi BMT Mobile yang dapat mempermudah transkasi antar wilayah dengan efisien waktu dan biaya. Pengembangan Aplikasi BMT mobile pada smart phone perlu dikembangan dalam memaksimalkan pemasaran. Strategi pemasaran yang dilakukan BMT Adzkiya Khidmatul Ummah Metro sudah sesuai dengan prinsip ekonomi Islam dimana dalam mempromosikan produk dan jasanya BMT Adzkiya Khidmatul Ummah Metro bersaing secara sehat tidak pernah memberikan informasi yang dapat menjatuhkan pesaing serta menerapkan prinsip bisnis yang diajarkan Rasulullah SAW yaitu baik, cerdas, komunikatif, transparan rendah hati, jujur dan dapat dipercaya

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Drs Elzondry Azly
Date Deposited: 11 Oct 2018 03:05
Last Modified: 11 Oct 2018 03:05
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4635

Actions (login required)

View Item View Item