PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS V DI SD NEGERI KUPANG KOTA TELUK BETUNG UTARA BANDAR LAMPUNG

Bilqis, Anis Ilmi (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS V DI SD NEGERI KUPANG KOTA TELUK BETUNG UTARA BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of anis ilmi bilqis.PDF]
Preview
PDF
Download (5MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasidi kelas V SD Kupang Kota, menunjukkan bahwadalam proses pembelajaran pendidik menggunkan model pembelajaran konvensional yang mengakibatkan menurunnya minat peserta didik terhadap pembelajaran PAI.Peserta didik sulit menyelesaikan soal-soal dan kurang aktif dalam proses pembelajaran dikelas, kurangnya keinginan peserta didik untuk menggali ilmu pengetahuan tentang materi yang sedang dipelajari.Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran cooperative learning tipe Two Stay Two Stray terhadap hasilbelajar PAI kelas Vdi SD Kupang Kota. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif jenis Quasy Eksperimental Design.Populasi penelitian ini adalah peserta didik SD Kupang Kota. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas VA sebagai kelas eksperimen dengan model pembelajaran Two Stay Two Stray, kelas VB sebagai kelas kontrol dengan menggunakan Model Card Sort. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas dengan uji Lilifors dan uji homogenitas. Dilanjutkan dengan uji hipotesis yaitu menggunakan uji– tindependent. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan dari data penelitian diperoleh hasil uji hipotesis secara manual dengan thitung = 5,566 dan t(0,025;58) = 1,960, sehingga thitung > t(0,025;58) maka HO ditolak. Berdasarkan hasil tersebut bahwa terdapat pengaruh hasil belajar antara peserta didik yang diajar dengan menggunakan Model Two Stay Two Stray dibanding dengan model Card Sort di kelas V SD Kupang Kota,peserta didik dengan perlakuan pembelajaran menggunakan Model Two Stay Two Stray, memiliki hasil belajarlebih baik dibandingkan dengan peserta didik dengan perlakuan pembelajaran menggunakan model Card Sort. Kata Kunci: Model Pembelajaran Two Stay Two Stray dan Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 11 Oct 2018 02:08
Last Modified: 11 Oct 2018 02:08
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4631

Actions (login required)

View Item View Item