Bilqis, Anis Ilmi
(2018)
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY
TWO STRAY TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA
ISLAM KELAS V DI SD NEGERI KUPANG KOTA TELUK BETUNG
UTARA BANDAR LAMPUNG.
Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.
Abstract
Berdasarkan hasil observasidi kelas V SD Kupang Kota, menunjukkan
bahwadalam proses pembelajaran pendidik menggunkan model pembelajaran
konvensional yang mengakibatkan menurunnya minat peserta didik terhadap
pembelajaran PAI.Peserta didik sulit menyelesaikan soal-soal dan kurang aktif dalam
proses pembelajaran dikelas, kurangnya keinginan peserta didik untuk menggali ilmu
pengetahuan tentang materi yang sedang dipelajari.Tujuan dalam penelitian ini
adalah untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran cooperative learning
tipe Two Stay Two Stray terhadap hasilbelajar PAI kelas Vdi SD Kupang Kota.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif jenis Quasy Eksperimental
Design.Populasi penelitian ini adalah peserta didik SD Kupang Kota. Sampel dalam
penelitian ini yaitu kelas VA sebagai kelas eksperimen dengan model pembelajaran
Two Stay Two Stray, kelas VB sebagai kelas kontrol dengan menggunakan Model
Card Sort. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas dengan uji Lilifors dan
uji homogenitas. Dilanjutkan dengan uji hipotesis yaitu menggunakan uji–
tindependent.
Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan dari data penelitian diperoleh hasil
uji hipotesis secara manual dengan thitung = 5,566 dan t(0,025;58) = 1,960, sehingga thitung
> t(0,025;58) maka HO ditolak. Berdasarkan hasil tersebut bahwa terdapat pengaruh hasil
belajar antara peserta didik yang diajar dengan menggunakan Model Two Stay Two
Stray dibanding dengan model Card Sort di kelas V SD Kupang Kota,peserta didik
dengan perlakuan pembelajaran menggunakan Model Two Stay Two Stray, memiliki
hasil belajarlebih baik dibandingkan dengan peserta didik dengan perlakuan
pembelajaran menggunakan model Card Sort.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Two Stay Two Stray dan Hasil Belajar
Actions (login required)
 |
View Item |