PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR ILUSTRASI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN PESERTA DIDIK KELAS III MIN 7 BANDAR LAMPUNG

Witjaksono, M. Dimas Yudi (2017) PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR ILUSTRASI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN PESERTA DIDIK KELAS III MIN 7 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, IAIN Raden Intan Lampung.

[img]
Preview
PDF
Download (4MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran seni budaya dan keterampilan di MIN 7 selama ini guru menggunakan media buku dan papan tulis dalam mengajar seni budaya dan keterampilan. Sehingga berdampak pada hasil belajar peserta didik dalam pelajaran seni budaya dan keterampilan diperoleh dari 20 peserta didik yang tuntas yaitu 6 peserta didik (30%) dan yang belum tuntas berjumlah 14 peserta didik (70%) jadi hasil belajar peserta didik masih dibawah KKM. Perumusan masalah pada penelitian ini adalah “Apakah penggunaan media gambar ilustrasi dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran seni budaya dan keterampilan pada peserta didik kelas III MIN 7 Bandar Lampung ?”. Tujuan penelitian ini agar guru dalam mengajar menggunakan berbagai media terutama media gambar dan peserta didik dapat mudah memahami pelajaran dan hasil belajar peserta didik meningkat. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan tahap-tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan Refleksi. Sebelum menggunakan media gambar guru MIN 7 Bandar Lampung masih menggunakan media buku cetak, papan tulis, pensil, pengapus. Namun hasil belajarnya SBK dari 20 peserta didik yang tuntas 6 peserta didik (30%) dan yang belum tuntas 14 (70%) artinya hasil belajarnya rendah. Selanjutnya setelah menggunakan media gambar pada siklus I terjadi peningkatan dari 20 peserta didik yang tuntas 12 peserta didik (60%) dan yang belum tuntas 8 peserta didik (40%). Dan pada siklus II hasil belajarnya yang tuntas 18 peserta didik (90%) yang belum tuntas 2 peserta didik (10%). Artinya dengan menggunakan media gambar peningkatan hasil belajar peserta didik (90%) terjadi peningkatan 12 peserta didik (60%). Berangkat dari hasil penelitian di analisis data dapat ditarik kesimpulan dengan menggunakan media gambar ilustrasi dapat meningkatkan hasil belajar SBK peserta didik kelas III MIN 7 Bandar Lampung tahun ajaran 2016/2017. Kata kunci : penggunaan media gambar ilustrasi dapat meningkatkan hasil belajar menggambar peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 23 Mar 2017 07:16
Last Modified: 23 Mar 2017 07:16
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/463

Actions (login required)

View Item View Item