MANAJEMEN PEMBELAJARAN TAḤFÎẒ AL-QUR’AN PADA PONDOK PESANTREN DI PROVINSI LAMPUNG

Hamid, Abdul (2018) MANAJEMEN PEMBELAJARAN TAḤFÎẒ AL-QUR’AN PADA PONDOK PESANTREN DI PROVINSI LAMPUNG. PhD thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of sinopsi disert.pdf]
Preview
PDF
Download (299kB) | Preview

Abstract

Manajemen pembelajaran adalah segenap proses usaha bersama untuk memperlancar pencapaian tujuan pengajaran dengan titik berat pada usaha meningkatkan kualitas interaksi belajar mengajar. Dalam kegiatan tersebut diperlukan adanya perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan yang merupakan satu rangkaian yang tidak dapat dipisahkan. Keempat fungsi manajemen yang diterapkan dalam konteks pembelajaran tersebut tidak akan berjalan maksimal tanpa adanya lembaga pendidikan yang menaunginya. Pondok pesantren sebagai bagian dari lembaga pendidikan formal memiliki fungsi sebagai tempat belajar santri. Pondok pesantren juga dapat dipahami sebagai lembaga pendidikan dan pengajaran agama yang umumnya diterapkan dengan metode non klasikal. Walaupun dengan metode non klasikal pondok pesantren mampu menorehkan banyak prestasi, baik tingkat Kabupaten maupun tingkat Provinsi. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sedangkan Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang di peroleh selama penelitian dianalisis dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan uji keabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi. Berdasarkan hasil analisis dari wawancara, observasi dan dokumentasi serta berdasarkan temuan-temuan penulis, maka diperoleh kesimpulan bahwa manajemen pembelajaran di ketiga pondok pesantren dalam prakteknya kegiatan perencanaan dalam hal ini pengembangan silabus dan RPP tidak dimiliki oleh ketiga pondok pesantren tersebut, ketiganya hanya memiliki target hafalan yang disesuaikan dengan santri dan kesepakatan dari masing-masing kelompok program. Terkait dengan pengorganisasian bahan ajar, strategi mengajar dan media pembelajaran ketiganya memiliki kesamaan, yaitu sama menggunakan al-Qur’an pojok rasm uśmanî

Item Type: Thesis (PhD)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Pasca Magister > S3 Program Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 10 Oct 2018 03:45
Last Modified: 12 Oct 2018 01:54
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4620

Actions (login required)

View Item View Item