PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBANTUAN SPARKOL VIDEO SCRIBE KELAS V DI MI AL-HIKMAH BANDAR LAMPUNG

Yuliana, Y (2018) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBANTUAN SPARKOL VIDEO SCRIBE KELAS V DI MI AL-HIKMAH BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img]
Preview
PDF
Download (5MB) | Preview

Abstract

Pengembangan media pembelajaran matematika berbantuan sparkol video scribe dilakukan penulis berdasarkan potensi dan masalah yang ada di sekolah yakni perlu adanya inovasi pembaharuan media pembelajaran yang digunakan di sekolah pada saat proses belajar mengajar. Proses pembelajaran matematika jika hanya menggunakan buku cetak saja cenderung membuat proses belajar mengajar kurang efektif dan efisien. Serta pemanfaatan sarana dan prasana yang ada disekolah yang sudah memumpuni harus didayagunakan sebagaimana mestinya. Penelitian ini bertujuan bagaimana mengembangkan media pembelajaran matematika berbantuan sparkol video scribe d a n menghasilkan media yang valid, praktis, efektif dan responsif. Adanya media pembelajaran diharapkan dapat sangat membantu proses belajar mengajar disekolah. Untuk mencapai tujuan tersebut penulis mengembangkan media pembelajaran dengan menggunakan metode penelitian dan pengembangan dengan langkah-langkah: 1) potensi dan masalah, 2) pengumpulan data, 3) desain produk, 4) validasi desain, 5) revisi desain, 6) uji coba produk, 7) revisi produk. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik MI Al-hikmah Bandar Lampung dan SDIT Baitul Jannah Kemiling Bandar Lampung. Instrument pengumpulan data yang digunakan berupa angket yang diberikan kepada ahli materi, ahli media, untuk melihat kelayakan dari media yang dikembangkan. Adapun angket respon guru, serta angket respon peserta didik untuk melihat kemenarikan produk yang dikembangkan. Hasil penelitian ini menghasilkan produk berupa media pembelajran matematika berbantuan sparkol video scribe. Berdasarkan penilaian ahli materi dihasilkan skor rata-rata sebesar 88.29% dengan kategori penilaian sangat layak, berdasarkan penilaian ahli media dihasilkan skor rata-rata sebesar 93.33% dengan kategori sangat layak. Adapun skor rata-rata yang dihasilkan dari penilaian respon guru adalah sebesar 88.69%, serta skor rata-rata penilaian respon peserta didik dari dua uji coba yakni skala kecil dan skala besar adalah sebesar adalah sebesar 92.59% dengan kategori kemenarikan yakni sangat menarik. Adapun melihat keseluruhan respon validator, respon guru serta respon peserta didik media pembelajaran matematika berbantuan sparkol video scribe kelas V MI Al-hikmah Bandar Lampung dinyatakan sangat layak untuk digunakan. Keyword: Pengembangan Media Pembelajaran Matematika, Sparkol Video Scribe

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 10 Oct 2018 02:31
Last Modified: 10 Oct 2018 02:31
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4614

Actions (login required)

View Item View Item