METODE DAKWAH DALAM PENYAMPAIAN PESAN ISLAM BAGI SISWA PENYANDANG TUNARUNGU DI SEKOLAH LUAR BIASA (SLB) WIYATA DHARMA METRO LAMPUNG

Andrajati, Liliani Kurniati (2018) METODE DAKWAH DALAM PENYAMPAIAN PESAN ISLAM BAGI SISWA PENYANDANG TUNARUNGU DI SEKOLAH LUAR BIASA (SLB) WIYATA DHARMA METRO LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Metode dakwah adalah cara yang dilakukan seorang da’i atau seorang komunikator untuk menyampaikan pesan Islam kepada seluruh masyarakat untuk mencapai suatu tujuan. Metode dakwah sangat berperan penting dalam jalannya sebuah dakwah, tanpa metode seorang da’i akan sangat sulit untuk menyampaikan dakwah. Da’i juga tidak dapat melihat apakah dakwahnya berhasil atau tidak jika tidak menggunakan metode dakwah. Bagi seorang guru pendidikan agama Islam yang mengajar di sekolah luar biasa (SLB), metode dakwah juga sangat berperan penting dalam jalannya sebuah dakwah mengingat kekurangan yang ada pada seorang siswa atau mad’u. Kemudian yang menjadi masalah adalah metode dakwah apa yang dugunakan dalam penyampaian pesan Islam agar siswa dapat memahami apa yang disampaikan oleh seorng da’i. Penelitian ini merupakan penelitian yang berbentuk penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif kualitatif. Jenis sampel untuk penelitian ini penulis menggunkan teknik non random jenis purposive sampling. Sedangkan untuk metode pengumpulan data dilapangan, penulis menggunakan metode observasi, metode wawancara dan metode dokumentasi. Serta menggunakan data analisa kualitatif pada teknik analisa data. Hasil temuan dilapangan menunjukkan bahwa metode dakwah yang digunakan guru atau da’i dalam penyampaian pesan Islam bagi siswa penyandang tunarungu di SLB Wiyata dharma Metro Lampung adalah Metode Meternal Reflektif. Ialah metode percakapan seperti yang dilakukan seorang ibu kepada anaknya yang sedang belajar bicara. Dalam proses penyampaian pesan Islam, terdapat komunikasi yang baik antara da’i dan mad’u penyandang tunarungu meskipun dilakukan secara bertahap dan pelan. Dari hasil penelitian ini dapat diambil kesimpulan bahwa metode dakwah yang digunakan dalam penyampaian pesan Islam bagi siswa penyandang tunarungu di Sekolah Luar Biasa Metro Lampung yaitu Metode Bil Lisan. Metode ini digunakan agar penyandang tunarungu dapat memperkaya bahasanya dan tidak selalu menggunkaan bahasa isyarat. Kata kunci: Metode Dakwah, Pesan Islam, Penyandang Tunarungu

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Komunikasi dan Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 09 Oct 2018 07:10
Last Modified: 09 Oct 2018 07:10
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4607

Actions (login required)

View Item View Item