PENGARUH SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM ( PAI ) DI SMP NEGERI 7 BANDAR LAMPUNG

Pribadi, Farhan (2018) PENGARUH SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM ( PAI ) DI SMP NEGERI 7 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI LENGKAP PDF.pdf]
Preview
PDF
Download (12MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh keberhasilan yang dimiliki oleh kepala sekolah SMP Negeri 7 Bandar Lampung dalam melaksanakan supervisi akademik kepala sekolah khususnya terhadap kinerja guru Pendidikan Agama Islam (PAI), berkenaan dengan hal tersebut peneliti tertarik untuk melakukan penelitian terhadap Pengaruh Supervisi Akademik Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMP Negeri 7 Bandar Lampung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Supervisi Akademik Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMP Negeri 7 Bandar Lampung. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan metode penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah guru Pendidikan Agama Islam (PAI) SMP Negeri 7 Bandar Lampung. Penelitian ini termasuk penelitian populasi dengan responden sebanyak 5 guru Pendidikan Agama Islam (PAI). Sampel pada penelitian ini diambil dari semua populasi dengan responden sebanyak 5 guru Pendidikan Agama Islam (PAI). Instrumen yang digunakan di dalam penelitian ini adalah kuesioner (angket) dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan di dalam penelitian ini yaitu teknik analisis regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan supervisi akademik kepala sekolah terhadap kinerja guru Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMP Negeri 7 Bandar Lampung dengan nilai thitung sebesar 9,754 dengan nilai signifikansi sebesar 0,002. Hasil pengujian analisis regresi sederhana menunjukkan bahwa koefesien daterminasi (R2) sebesar 0,969 atau 96,9%. Nilai koefesien determinasi tersebut menunjukkan besarnya pengaruh variabel bebas (supervisi akademik kepala sekolah) terhadap variabel terikat (kinerja guru). Supervisi akademik kepala sekolah mempengaruhi 96,9% kinerja guru, sedangkan sisanya 3,1% dipenngaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 09 Oct 2018 03:47
Last Modified: 09 Oct 2018 03:47
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4605

Actions (login required)

View Item View Item