PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS V DI MIN 8 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2017/2018

Wulandari, Putri (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS V DI MIN 8 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img]
Preview
PDF
Download (6MB) | Preview

Abstract

Hasil belajar merupakan sesuatu yang tidak dapat dipisahkan dari pembelajaran. Berdasarkan kegiatan pra survey yang telah dilakukan permasalahan yang melatar belakangi penelitian ini yaitu kurang aktifnya peserta didik dalam proses pembelajaran, peserta didik kurang percaya diri dalam mengemukakan pendapat sehingga berdampak hasil belajar kognitif pelajaran Akidah Akhlak masih rendah pada peserta didik kelas V yang berjumlah 131 peserta didik di MIN 8 Bandar Lampung, diketahui proses pembelajaran kurang maksimal. Oleh karena itu perlu di terapkan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning untuk meningkatkan hasil belajar. Rumusan dalam penelitian ini yaitu Adakah Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Terhadap Hasil belajar Akidah Akhlak Kelas V MIN 8 Bandar Lampung. Tujuan yang akan dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran Akidah Akhlak Kelas V MIN 8 Bandar Lampung. Jenis penelitian yang digunakan yaitu quasi eksperimen dengan desain yang di gunakan yaitu pretest-posttest control group design. Penelitian ini dilakukan dikelas V MIN 8 Bandar Lampung. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan angket, kemudian dianalisis menggunakan uji normalitas, homogenitas dan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata N-Gain yang di peroleh kelas eksperimen sebesar 0,733 atau 73% (interpretasi tinggi) dan N-Gain yang di peroleh kelas kontrol 0,574 atau 57% (interpretasi sedang). Berdasarkan hasil yang telah dianalisis, didapatlah hasil belajar kognitif terdapat thitung = 6,380 dan ttabel = 1,673 dengan taraf signifikasi 5 %. Karena thitung > ttabel maka H1 di terima dan H0 di tolak. Untuk hasil belajar afektif didapat thitung =3,620 dan ttabel =1,673 dengan taraf signifikasi 5 %. Karena thitung > ttabel maka H1 di terima dan H0 di tolak. Hal ini membuktikan bahwa ada pengaruh signifikan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran Akidah Akhlak Kelas V MIN 8 Bandar Lampung. Kata Kunci : Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 09 Oct 2018 03:02
Last Modified: 09 Oct 2018 03:02
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4601

Actions (login required)

View Item View Item