PENGGUNAAN METODE BRAINSTORMING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS 1V PADA PELAJARAN PKn DI MIN 12 GARUNTANG BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2016-2017

Sulastri, S (2017) PENGGUNAAN METODE BRAINSTORMING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS 1V PADA PELAJARAN PKn DI MIN 12 GARUNTANG BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2016-2017. Undergraduate thesis, IAIN Raden Intan Lampung.

[img]
Preview
PDF
Download (3MB) | Preview

Abstract

Proses pembelajaran di MIN 12 Garuntang Bandar Lampung belum mencapai aktivitas belajar yang signifikan, hal ini disebabkan karena metode pembelajaran yang diterapkan oleh guru PKn masih menggunakan metode ceramah. Sehingga keterlibatan siswa selalu pasif karena pembelajaran masih didominasi oleh guru dan menyebabkan pembelajaran menjadi monoton, sehingga menyebabkan kurang aktifnya aktivitas belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari aktivitas belajar siswa yang berjumlah 26 orang yang aktif 1 orang (3,84%) cukup aktif 4 orang (15,39%) kurang aktif 17 orang (65,38%) dan yang tidak aktif 4 orang (15,39%) dengan demikian aktivitas belajar siswa dikategorikan rendah. Untuk itu diperlukan berbagai metode pembelajaran yang cocok salah satunya adalah metode pembelajaran Brainstorming. Adapun rumusan masalah yaitu “Apakah penggunaan metode Brainstorming dapat meningkatkan aktivitas belajar PKn peserta didik kelas 1V MIN 12 Garuntang Bandar Lampung”. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas 1V MIN 12 Garuntang Bandar Lampung yang berjumlah 26 siswa. Penelitian Tindakan Kelas dilaksanakan dalam dua siklus yang terdiri dari 4 tahapan utama yaitu perencanaa, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Jenis data yang digunakan adalah deskripsi kualitatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk menerapkan metode Brainstorming dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas 1V pada pelajaran PKn di MIN 12 Garuntang Bandar Lampung. Alat pengumpulan data menggunakan, wawancara, observasi, dokumentasi dan tes. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar siswa meningkat pada setiap siklusnya. Pada siklus I mengalami peningkatan dari aktif 3 orang (11,54%) cukup aktif 11 orang (42,30%) dan kurang aktif 12 orang (46,16%). Pertemuan kedua pada siklus I yaitu aktif 12 orang (46,16%) cukup aktif terdapat 11 orang (42,30%) dan kurang aktif 3 (1,54%)pada siklus II mengalami peningkatan dari 26 siswa yang sangat aktif 2 orang (7,7%) aktif 13 orang (50%) dan cukup aktif 11 orang (42,30%), pertemuan kedua yaitu yang sangat aktif 4 orang (15,38%) aktif 20 orang (76,92%) dan cukup aktif 2 orang (7,7%). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Brainstorming pada mata pelajaran Pkn dapat meningkatkam aktivitas belajar siswa kelas 1V MIN 12 Garuntang Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2016-2017.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: HAMID FAHMI FAHMI
Date Deposited: 24 Mar 2017 02:45
Last Modified: 24 Mar 2017 02:45
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/460

Actions (login required)

View Item View Item