PENGEMBANGAN MEDIA ENGLISH VOCABULARY CARD PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS KELAS V SD/MI

Kusuma, Sinta (2018) PENGEMBANGAN MEDIA ENGLISH VOCABULARY CARD PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS KELAS V SD/MI. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img]
Preview
PDF
Download (7MB) | Preview

Abstract

Latar belakang pengembangan media English Vocabulary Card ini adalah dengan melihat keadaan media pembelajaran pada umumnya. Pada sekolah dasar atau madrasah ibtidaiyah penggunaan media yang membahasa kosakata masih sangat minim. Padahal media pembelajaran sangat dibutuhkan guna memudahkan guru dalam transfer ilmu dan memudahkan siswa dalam memahami kosakata Bahasa inggris. Maka dari itu peneliti melakukan pengembangan media English Vocabulary Card pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris kelas V SD/MI. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa English vocabulary card dan mengetahui bagaimana tingkat kelayakan media sehingga menghasilkan media yang valid, efektif dan responsive. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan angket Penelitian dan pengembangan menghasilkan media English vocabulary card yang layak digunakan berdasarkan penilaian dari ahli media, ahli materi, guru mata pelajaran Bahasa Inggris dan Respon peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D). Prosedur pengembangan mengikuti prosedur Borg dan Gall yang dapat dilakukan dengan lebih sederhana dengan melibatkan 10 langkah utama yaitu : yang meliputi1) Potensi dan masalah, 2) Pengumpulan data, 3) Desain produk, 4) Validasi desain, 5) Perbaikan desain, 6) Uji coba produk, 7) Revisi produk, 8) Uji pelaksanaan lapangan, 9) Penyempurnaan produk akhir, 10) Dimensi dan implementasi. Penelitian di batasi pada tujuh tahapan yaitu 1) Potensi dan masalah, 2) Pengumpulan data, 3) Desain Produk, 4) Validasi desain, 5) Perbaikan desain, 6) Uji coba produk, 7) Revisi produk. Hasil penilaian ini menunjukkan bahwa media English vocabulary card mempunyai kelayakan yang sangat baik menurut ahli media mendapatkan persentase 96%, ahli materi 96%, penilaian guru 96% dan respon peserta didik 86% yang berarti Media Pembelajaran ini “Sangat Layak” digunakan. Kata kunci: English Card Vocabulary, Kosakata Bahasa Inggris kelas V SD/MI

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 09 Oct 2018 02:03
Last Modified: 09 Oct 2018 02:03
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4599

Actions (login required)

View Item View Item