NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM PELAKSANAAN TAHLILAN

Rahman, Arif (2018) NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM PELAKSANAAN TAHLILAN. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Skripsi Full.pdf]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview

Abstract

Tahlilan sebagaimana yang dipahami secara umum oleh masyarakat saat ini pada hakikatnya adalah aktivitas berzikir bersama yang dilakukan oleh sekelompok orang. Sejumlah orang yang berkumpul, lalu membaca sejumlah kalimat zikir kepada Allah yang satu diantaranya adalah kalimat tahlil, laa ilaaha illallah. Tahlilan pada dasarnya adalah kalimat zikir ada banyak kalimat zikir yang bisa dilantunkan. Sekelompok orang bisa secara bersama-sama membaca tasbih, takbir, tahmid, istighfar, tahlil dan kalimat-kalimat lainnya yang mengingatkan mereka kepada Allah subhanahu wa ta’ala Adapun rumusan masalah yang diambil dalam skripsi ini ialah “apa saja nilai-nilai pendidikan Islam dalam pelaksanaan tahlilan?”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan yang terdapat dalam pelaksanaan tahlilan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Jika dilihat berdasarkan jenisnya, penelitian ini termasuk kedalam penelitian kepustakaan (library research), sedangkan dilihat dari sifatnya penelitian ini termasuk kedalam penelitian deskriptif’. Adapun sumber data yang digunakan berupa sumber data primer dan sumber data sekunder. Metode pengumpulan data adalah metode studi pustaka sebagai alat pengumpul datanya sehingga strategi analisis yang digunakan adalah analisis isi (content anlysis). Setelah itu, penelitian disajikan secara deskriptif analitik yakni suatu usaha mengumpulkan dan menyusun data yang kemudian diusahakan adanya analisa dan interpretasi terhadap data-data tersebut. Hasil menunjukkan bahwa nilai-nilai pendidikan islam dalam pelaksanaan tahlilan terbagi menjadi tiga yaitu; 1. Nilai pendidikan aqidah dengan melakukan tahlilan, seseorang akan senantiasa mengingat dan menyebut ke-Esa-an Allah subhanahu wa ta’ala serta shalawat kepada Rasul shalallahu ‘alaihi wa sallam, 2. Nilai pendidikan akhlaq dengan melaksanakan tahlilan maka akan memunculkan sikap-sikap akhlaqul karimah sebagai aspek dari pendidikan akhlaq, 3. Nilai pendidikan ibadah dengan melaksanakan tahlilan seseorang telah melakukan ibadah karena poin-poin dari pelaksanaan tahlilan tersebut merupakan ibadah yang disyariatkan dalam Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 09 Oct 2018 01:32
Last Modified: 09 Oct 2018 01:32
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4597

Actions (login required)

View Item View Item