PENGARUH METODE STUDENT CREATED CASE STUDIES DISERTAI MEDIA GAMBAR TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DITINJAU DARI SIKAP ILMIAH SISWA KELAS VIII SMPN 28 BANDAR LAMPUNG

Agrianti, Vivi (2018) PENGARUH METODE STUDENT CREATED CASE STUDIES DISERTAI MEDIA GAMBAR TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DITINJAU DARI SIKAP ILMIAH SISWA KELAS VIII SMPN 28 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img] PDF
Download (14MB)

Abstract

Pembelajaran Biologi pada hakikatnya memiliki komponen-komponen yang menjadi tujuan pembelajaran seperti kognitif, psikomotorik, afektif, keterampilan proses sains dan sikap ilmiah. Namun dalam keadaan sebenarnya di lapangan keterampilan proses sains dan sikap ilmiah peserta didik kurang tertanam pada pribadi peserta didik. Salah satunya pada Siswa SMP N 28 Bandar Lampung. Terdapat beberapa faktor penyebab yang menyebabkan keterampilan proses sains pada Siswa tidak tertanam seperti proses pembelajaran yang berlangsung di sekolah masih berpusat kepada guru (teacher centered). Ada beberapa metode pembelajaran yang dapat digunakan untuk membantu meningkatkan sikap ilmiah peserta didik, salah satunya dengan menerapkan metode Student Created Case Studies. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode Student Created Case Studies terhadap keterampilan proses sains peserta didik kelas VIII SMP N 28 Bandar Lampung. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis Quasi Eksperimen dengan desain penelitian The Matching Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas VIII SMP N 28 Bandar Lampung semester ganjil tahun pelajaran 2016/2017. Adapun sampel penelitian dipilih dengan cara menggunakan teknik Cluster Random Sampling yaitu kedua kelas yang dipilih menggunakan teknik acak kelas. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar angket sikap ilmiah. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu angket, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kelas eksperimen, keterampilan proses sains diperoleh nilai tertinggi adalah 81,3 dan nilai terendah adalah 50,0 dengan perolehan nilai rata-rata adalah 71,094. Pada kelas kontrol sikap ilmiah peserta didik diperoleh nilai tertinggi 82,1 dan nilai terendah adalah 46,4 dengan perolehan nilai rata-rata adalah 64,148. Berdasarkan analisis uji-t independent diperoleh hasilthitung>ttabel yaitu 5,687 > 2,028. Maka dinyatakan H1 diterima, artinya ada pengaruh metode Student Created Case Studies terhadap keteramplan proses sains terhadap peserta didik pada materi pencemaran lingkungan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Drs Elzondry Azly
Date Deposited: 08 Oct 2018 07:50
Last Modified: 08 Oct 2018 07:50
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4593

Actions (login required)

View Item View Item