PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS (THINK PAIR SHARE) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN PESERTA DIDIK KELAS IV DI MI AL-KHAIRIYAH KALIAWI BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Fitriyani, F (2017) PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS (THINK PAIR SHARE) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN PESERTA DIDIK KELAS IV DI MI AL-KHAIRIYAH KALIAWI BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, IAIN Raden Intan Lampung.

[img]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview

Abstract

Proses pembelajaran di MI Al-Khairiyah Kaliawi Bandar Lampung belum mencapai hasil yang signifikan. Hal ini disebabkan karena metode pembelajaran yang diterapkan pada mata pelajaran PKn masih didominasi metode ceramah dan penugasan. Sehingga keterlibatan peserta didik tampak pasif karena pembelajara lebih berpusat kepada guru dan menyebabkan pembelajaran menjadi monoton, sehingga menyebabkan rendahnya hasil belajar peserta didik. Hal ini dapat dilihat dari nilai hasil belajar peserta didik yang berjumlah 20 orang yang tuntas 8 orang (40%) dan yang belum tuntas 12 orang (60%) dengan demikian hasil belajar PKn dikategorikan rendah. Untuk itu diperlukan berbagai model pembelajaran yang cocok salah satunya adalah pembelajaran Kooperatif tipe TPS (Think Pair Share). Adapun rumusan masalah yaitu “Apakah Penerapan pembelajaran Kooperatif tipe TPS (Think Pair Share) dapat meningkatkan hasil belajar PKn peserta didik kelas IV di MI Al-Khairiyah Kaliawi Bandar Lampung tahun pelajaran 2016/2017?”. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV MI Al-Khairiyah Kaliawi Bandar Lampung yang berjumlah 20 peserta didik. Penelitian Tindakan Kelas dilaksanakan dalam dua siklus yang terdiri dari 4 tahapan utama yaitu perencanaa, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Jenis data yang digunakan adalah deskripsi kualitatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk menerapkan pembelajaran Kooperatif tipe TPS (Think Pair Share) dalam meningkatkan hasil belajar PKn peserta didik kelas IV MI Al-Khairiyah Kaliawi Bandar Lampung. Alat pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar meningkat pada setiap siklusnya. Pada siklus I mengalami peningkatan dari 20 peserta didik yang tuntas dengan 13 orang (65%) dan yang belum tuntas 7 orang (35%), pada siklus II mengalami peningkatan dari 20 yang tuntas dengan 18 orang (90%) dan yang belum tuntas 2 orang (10%). Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan pembelajaran Kooperatif tipe TPS (Think pair share) dapat meningkatkan hasil belajar PKn peserta didik kelas IV MI Al-Khairiyah Kaliawi Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2016/2017. Kata kunci: Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Phare, Hasil Belajar PKn

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: HAMID FAHMI FAHMI
Date Deposited: 24 Mar 2017 02:46
Last Modified: 24 Mar 2017 02:46
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/459

Actions (login required)

View Item View Item