PENGARUH PROMOSI, PENGETAHUAN NASABAH DAN MOTIVASI TERHADAP KEPUTUSAN PENGAMBILAN CICILAN PADA PT AL-IJARAH INDONESIA FINANCE CABANG LAMPUNG

Yuniarti, Atika (2018) PENGARUH PROMOSI, PENGETAHUAN NASABAH DAN MOTIVASI TERHADAP KEPUTUSAN PENGAMBILAN CICILAN PADA PT AL-IJARAH INDONESIA FINANCE CABANG LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of skripsi.pdf]
Preview
PDF
Download (23MB) | Preview

Abstract

Berkembangnya lembaga pembiayaan di Indonesia mengakibatkan persaingan semakin ketat, perusahaan harus pandai menarik nasabah dalam memutuskan pembelian. Banyak faktor-faktor yang dapat mempengaruhi perilaku nasabah, seperti dalam penelitian yang telah dibahas, terdapat perbedaan hasil penelitian, sehingga peneliti tertarik untuk melakukan penelitian lebih lanjut, dengan menggunakan variabel yang berbeda dengan penelitian sebelumnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh promosi, pengetahuan nasabah dan motivasi terhadap pengambilan keputusan pembelian pada PT Al-Ijarah Indonesia Finance Cabang Lampung. Untuk variabel dependen dalam penelitian ini adalah keputusan pembelian (Y), sedangkan variabel independen adalah promosi (X1), pengetahuan nasabah (X2) dan motivasi (X3). Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh nasabah aktif PT Al-Ijarah Indonesia Fianance Cabang Lampung dengan jumlah 946 orang, teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling. Adapun metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik regresi linier berganda dengan bantuan SPSS 16. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel promosi, pengetahuan nasabah dan motivasi memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pada PT Al-Ijarah Indonesia Fianance Cabang lampung, dengan menggunakan dasar p-value > 0,05, dan > . Kemudian berdasarkan hasil koefisien determinasi menunjukkan bahwa promosi, pengetahuan nasabah dan motivasi berpengaruh 59,8% terhadap keputusan pembelian pada PT Al-Ijarah Indonesia Finance Cabang Lampung, dan sisanya yakni 40,2% dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian. Kata Kunci : Promosi, Pengetahuan Nasabah, Motivasi, Keputusan Pengambilan, Lembaga Pembiayaan Syariah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 08 Oct 2018 03:08
Last Modified: 08 Oct 2018 03:08
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4587

Actions (login required)

View Item View Item