PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN ISLAMI KEPALA SEKOLAH TERHADAP PENDIDIKAN KARAKTER PESERTA DIDIK SEKOLAH MENENGAH PERTAMA ISLAM TERPADU (Studi Pada SMP IT Fitrah Insani dan SMP IT Permata Bunda IBS Bandar Lampung)

Yanti, Marcsela Kusuma (2018) PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN ISLAMI KEPALA SEKOLAH TERHADAP PENDIDIKAN KARAKTER PESERTA DIDIK SEKOLAH MENENGAH PERTAMA ISLAM TERPADU (Studi Pada SMP IT Fitrah Insani dan SMP IT Permata Bunda IBS Bandar Lampung). Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of MARCSELA KUSUMA YANTI.pdf]
Preview
PDF
Download (3MB) | Preview

Abstract

Gaya kepemimpinan Islami kepala sekolah dapat diartikan sebagai sifat yang dimiliki pada diri seseorang pemimpin sesuai dengan ajaran Islam, dalam memegang amanah pemimpin bertanggungjawab atas apa yang beliau kerjakan, beliau berikan dan beliau lakukan, pertanggungjawaban tersebut tidak lepas dari pertanggungjawaban di dunia maupun akhirat, serta sebagai panutan dan contoh teladan bagi warga sekolah terutama peserta didik karena kepala sekolah mempunya fugsi sebagai educator (pendidik). Pendidikan karakter peserta didik adalah pembelajaran yang diberikan kepada peserta didik untuk membentuk karakter atau akhlak dalam diri peserta didik agar sesuai dengan standar lulusan pada setiap satuan pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Gaya Kepemimpinan Islami berpengaruh positif terhadap Pendidikan Karkater Peserta Didik. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Dalam penelitian ini sampel dari populasi di ambil dari 2 Lembaga Pendidikan Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu yaitu SMP IT Fitrah Insani dengan jumlah guru 29 orang, dan SMP IT Permata Bunda Islamic Boarding School dengan jumlah guru 24 orang guru. Sehingga total populasi dua lembaga tersebut 53 orang guru. Untuk pengambilan sampel atau perwakilan populasi, setiap lembaga pendidikan di ambil 15 orang guru sebagai perwakilan populasi sehingga jumlah sampel keseluruhan yaitu 30 orang guru. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Uji asumsi yang dilakukan adalah uji normalitas dan linieritas. Uji Hipotesis menggunakan analisis regresi sederhana. Kesimpulan dari pembahasan yang diperoleh peneliti bahwa Gaya Kepemimpinan Islami Kepala Sekolah berpengaruh positif terhadap Pendidikan Karakter Peserta Didik. Hal ini dapat dilihat dari hasil persamaan Regresi Y= 19,796 + 0,773X. Mengetahui seberapa besarnya Gaya Kepemimpinan Islami Kepala Sekolah berpengaruh positif terhadap Pendidikan Karakter Peserta Didik dapat di lihat pada R Square sebesar 44,7 % dan sisanya 55,3% disebabkan oleh factor lain yang bukan focus pembahasan dalam penelitian ini

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 08 Oct 2018 01:33
Last Modified: 08 Oct 2018 01:33
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4578

Actions (login required)

View Item View Item