UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR (MELOMPAT) ANAK MELALUI PERMAINAN LOMPAT TALI PADA KELOMPOK B.2 DI TK DHARMA WANITA SUKARAME BANDAR LAMPUNG

Eriyani, Lilis (2017) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR (MELOMPAT) ANAK MELALUI PERMAINAN LOMPAT TALI PADA KELOMPOK B.2 DI TK DHARMA WANITA SUKARAME BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, IAIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of skripsi_lengkap_lilis_pdf_.pdf]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview

Abstract

Perkembangan kemampuan motorik kasar merupakan perkembangan yang terkait dengan kemampuan menggunakan otot-otot besar yang harus dikembangkan sejak usia dini. Dalam kegiatan pembelajaran di TK Dharma Wanita Sukarame Bandar Lampung metode yang dilakukan pada kegiatan pengembangan fisik khususnya pada kemampuan motorik kasar anak hasil yang dicapai belum maksimal. Hal ini terlihat dari perkembangan kemampuan motorik kasar anak yang masih kurang dalam kegiatan yang dilakukan, salah satunya dalam kegiatan melompat dari ketinggian 30-50 cm. Pada kegiatan tersebut dilakukan dengan hanya melompat menggunakan kursi saja. Adapun rumusan masalah yang penulis ajukan dalam penelitian ini adalah “Apakah permainan lompat tali dapat meningkatkan kemampuan motorik kasar (melompat) anak pada kelompok B.2 di TK Dharma Wanita Bandar Lampung?”. Tujuan yang akan dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah lompat tali dapat meningkatkan kemampuan motorik kasar (melompat) anak pada kelompok B.2 di TK Dharma Wanita Bandar Lampung. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas, model yang digunakan adalah model Kemmis dan Taggart yang terdiri dari 2 siklus dan difokuskan pada kegiatan pengembangan kemampuan motorik kasar (melompat) anak pada kelompok B.2 di TK Dharma Wanita Bandar Lampung dengan jumlah anak didik 30 anak yang terdiri dari 15 anak laki-laki dan 15 anak perempuan. Dalam mengumpulkan data yang diperlukan penulis, dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah model interaktif yang dimulai dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Berdasarkan hasil analisis pada siklus I dan siklus II maka dapat penulis simpulkan bahwa permainan lompat tali dapat meningkatkan kemampuan motorik kasar (melompat) anak pada kelompok B.2 di TK Dharma Wanita Bandar Lampung. Hal ini terlihat dari adanya peningkatan kemampuan motorik kasar (melompat) anak, anak didik yang mampu melompat dengan baik/BSB pada siklus I pertemuan ke-1 mencapai 30%, pada pertemuan ke-2 mencapai 50%, kemudian pada siklus II pertemuan ke-1 mencapai 67%, selanjutnya pada pertemuan ke-2 mencapai 83%. Kata Kunci: AUD, Kemampuan Motorik Kasar, dan Permainan Lompat Tali

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects:
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: HAMID FAHMI FAHMI
Date Deposited: 24 Mar 2017 02:46
Last Modified: 24 Mar 2017 02:46
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/457

Actions (login required)

View Item View Item