PELATIHAN DAN PENGEMBANGAN PROFESIONALISME GURU DI MAN 2 BANDAR LAMPUNG

Partiningsih, P (2018) PELATIHAN DAN PENGEMBANGAN PROFESIONALISME GURU DI MAN 2 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI PARTININGSIH.pdf]
Preview
PDF
Download (6MB) | Preview

Abstract

Pelatihan dan pengembangan adalah semua upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kinerja tenaga pendidik dan kependidikan melalui peningkatan kemampuan dan pengetahuan dengan mengikuti pelatihan atau pembelajaran Madrasah Aliyah Negeri 2 Bandar Lampung dalam upaya meningkatkan kompetensi guru kepala sekolah selalu memperhatikan, mengupayakan, memberikan dorongan dan arahan tentang pentingnya mengembangkan kompetensi yang dimiliki sebagai guru. Ketentuan ini pun sudah tetera didalam Undang-undang tentang pentingnya pengembangan profesonalisme guru, seperti halnya pengembangan pada kualifikasi guru, sertifikasi, pelatihan, supervisi pendidikan, dan lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pelatihan dan pengembangan profesionalisme guru di MAN 2 Bandar Lampung. penelitian ini menggunakan model penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Metode yang digunakan adalah obsevasi, wawancara, dokumentasi. Data yang diperoleh selama penelitian dianalisis dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Kemudian uji keabsahan data dilakukan dengan pengamatan dan triangulasi. Triangulasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi teknik. Hasil penelitian pelatihan dan pengembangan profesionalisme guru di MAN 2 Bandar Lampung dengan beberapa program : 1) Program peningkatan kualifikasi pendidikan guru : terdapat 10 pendidik bergelar S2, 59 pendidik bergelar S1, kemudian dari 69 pendidik tersebut ada 5 pendidik yang mengajar tidak sesuai dengan kualifikasi yang dimiliki. 2) Program penyetaraan dan Sertifikasi : sertifikasi ini program dari pemerintah bentuk pengakuan terhadap profesi guru, 53 pendidik berstatus PNS, 16 pendidik berstatus honorer, 65 pendidik sudah tersertifikasi dan 4 orang pendidik belum tersertifikasi, 3) Program pelatihan integritasi berbasis kompetensi : 7 pendidik mengikuti Pelatihan penyusunan naskah soal ujian sekolah berstandar Nasional, 3 pendidik mengikuti workshop peningkatan kompetensi guru mata pelajaran fisika, 68 pendidik mengikuti Workshop bedah kurikulum, 7 pendidik mengikuti Workshop peningkatan kompetensi penulisan karya ilmiah, 3 pendidik mengikuti Workshop bimbingan tekhnis kurikulum, 4 pendidik mengikuti Pelatihan penyusunan perangkat, 3 pendidik mengikuti Workshop pembuatan media pembelajaran baru, 68 pendidik mengikuti pelatihan inhouse training, 4) Program supervisi pendidikan : dilakukan kepala madrasah secara terjadwal, supervisi dari pengawas sekolah dilakukan 1 kali dalam 1 semester, 5) Program pemberdayaan MGMP (Musyawarah Guru mata Pelajaran) : MGMP dilaksanakan dalam bentuk forum diskusi dari berbagai lembaga pendidikan, 6) Simposium guru : yang pelaksanaannaya seperti halnya pelatihan, dan 7) pelatihan : yang dilaksanakan dalam bentuk obsevasi dan evaluasi. Kesimpulan penelitian ini, pelatihan dan pengembangan profesionalisme guru dilaksanakan dengan beberapa program : kualifikasi pendidik, sertifikasi, pelatihan integrasi berbasis kompetensi, supervisi pendidikan, pemberdayaan MGMP, simposium guru dan penelitian. Kegiatan pelatihan dan pengembangan diikuti seluruh pendidik MAN 2 Bandar Lampung, dari 7 program tersebut ada kegiatan simosium guru belum diikuti oleh para guru, kemudian ada beberapa pendidik yang belum melaksanakan pengembangan seperti mengajar tidak sesuai dengan kualifikasi yang

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 03 Oct 2018 07:20
Last Modified: 03 Oct 2018 07:20
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4565

Actions (login required)

View Item View Item