PENGEMBANGAN E-LEARNING MATEMATIKA MELALUI MODUL INTERAKTIF BERBASIS LEARNING CONTENT DEVELOPMENT SYSTEM

Rodiawati, Heni (2018) PENGEMBANGAN E-LEARNING MATEMATIKA MELALUI MODUL INTERAKTIF BERBASIS LEARNING CONTENT DEVELOPMENT SYSTEM. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img]
Preview
PDF
Download (17MB) | Preview

Abstract

Tujuan dilakukannya penelitian ini yaitu untuk: (1) Mengetahui pengembangan e-learning matematika melalui modul interaktif berbasis learning content development system pada materi bangun ruang sisi datar di SMPN 6 Kotabumi, SMPN 11 Kotabumi, dan SMP Hang Tuah Kotabumi; (2) Mengetahui kelayakan dari e-learning matematika melalui modul interaktif berbasis learning content development system yang telah dihasilkan berdasarkan ahli materi, ahli media, dan ahli bahasa; (3) Mengetahui kemenarikan terhadapat e-learning matematika melalui modul interaktif berbasis learning content development system yang dikembangkan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and Development dengan menerapkan 7 langkah pengembangan, yaitu: (1) Potensi dan masalah; (2) Mengumpulkan informasi; (3) Desain produk; (4) Validasi produk; (5) Revisi produk; (6) Uji coba Produk; (7) Revisi produk. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara dan angket dengan berupa skala likert dengan empat penilaian disusun dalam bentuk chechlist. Teknik analisis data yang digunakan yaitu statistik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini adalah suatu produk berupa modul interaktif berbasis learning content development system pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII SMP. Kelayakan modul interaktif berdasarkan ahli materi, ahli media, dan ahli bahasa diperoleh hasil persentase sebesar 77,39%, 80,66%, dan 8438% yang menyatakan bahwa modul interaktif yang dikembangkan sangat layak digunakan di SMPN 6 Kotabumi, SMPN 11 Kotabumi, dan SMP Hang Tuah Kotabumi. Penilaian respon yang diperoleh dari peserta didik pada tahap uji coba skala kecil yaitu 86% dengan kriteria sangat layak di SMPN 6 Kotabumi, skor 88% dengan kriteria sangat layak di SMPN 11 Kotabumi, dan skor 85% dengan kriteria sangat layak di SMP Hang Tuah Kotabumi. Uji coba skala besar yang dilakukan pada ketiga sekolah tersebut memperoleh kriteria menarik dengan skor 85%, 90%, dan 88% dengan kriteria sangat layak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 03 Oct 2018 02:41
Last Modified: 03 Oct 2018 02:41
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4562

Actions (login required)

View Item View Item