APLIKASI FUZZY MAMDANI UNTUK MENGANALISIS KEPUASAN MAHASISWA TERHADAP PELAYANAN AKADEMIK UIN RADEN INTAN LAMPUNG (Studi Kasus: Program Studi Pendidikan Matematika)

Kholifah, Nur (2018) APLIKASI FUZZY MAMDANI UNTUK MENGANALISIS KEPUASAN MAHASISWA TERHADAP PELAYANAN AKADEMIK UIN RADEN INTAN LAMPUNG (Studi Kasus: Program Studi Pendidikan Matematika). Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img]
Preview
PDF
Download (4MB) | Preview

Abstract

Kepuasan mahasiswa menjadi salah satu faktor terpenting dalam dunia pendidikan sebagai bentuk evaluasi terhadap pelayanan yang diberikan, sehingga kepuasan mahasiswa menjadi tolak ukur dalam melakukan pelayanan. Berdasarkan hasil wawancara terdapat perbedaan kepuasan mahasiswa terhadap pelayanan, sehingga belum dapat dipastikan tingkat kepuasan yang diberikan layanan tersebut. Salah satu solusi yang dapat membantu dalam menganalisis ketidakpastian adalah metode fuzzy yang merupakan metode untuk melakukan analisis sistem yang mengandung ketidakpastian terhadap pelayanan mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk dapat mengukur serta mempresentasikan kepuasan mahasiswa terhadap pelayanan Akademik dengan menggunakan metode fuzzy mamdani berbantuan program Matlab R2014a. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, Jumlah populasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu seluruh mahasiswa aktif program studi pendidikan matematika UIN Raden Intan Lampung dari angkatan 2014-2017 yang berjumlah 878 mahasiswa, penarikan sampel menggunakan rumus slovin sehingga memperoleh jumlah sampel sebanyak 275 mahasiswa. Terdapat lima tahapan pada metode fuzzy mamdani dalam memperoleh output yaitu penentuan fuzzy set, fuzzyfikasi, pembentukan aturan fuzzy, inferensi dan defuzzyfikasi. Berdasarkan hasil dari pengolahan data yang berdasarkan tangible, reliability, responsiveness, assurance, dan empathy, didapatkan nilai masing masing sebesar 70, 67, 76, 70, dan 76. Setelah dianalisa menggunakan metode fuzzy mamdani didapatkan hasil kepuasan mahasiswa dengan nilai selisih dari hitung manual 71,4 dengan Matlab R2014a 72,7 dan dinyatakan puas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 03 Oct 2018 01:44
Last Modified: 03 Oct 2018 01:44
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4561

Actions (login required)

View Item View Item