PENERAPAN STRATEGI PEMASARAN DI PT ASURANSI JIWA SYARIAH BUMIPUTERA BANDAR LAMPUNG DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK ASSALAM FAMILY

Suprayogi, Danu (2018) PENERAPAN STRATEGI PEMASARAN DI PT ASURANSI JIWA SYARIAH BUMIPUTERA BANDAR LAMPUNG DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK ASSALAM FAMILY. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI FIX.pdf]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview

Abstract

Asuransi syariah merupakan salah satu lembaga yang penyedia layanan dalam bidang jasa, hadir di tengah-tengah masyarakat yang sebagian besar masih kurang paham tentang asuransi syariah dan pengaplikasianya. Hal ini menyebabkan masyarakat masih enggan untuk menggunakan jasa asuransi dengan berlebelkan syariah, meski tujuannya meringankan beban orang-orang yang terkena musibah tak diinginkan dengan cara mentransfer resiko yang akan dihadapi dengan membayar premi yang disediakan dalam polis berbentuk produk-produk Asuransi Jiwa Syariah Bumiputera. Dalam memasarkan produknya, PT Asuransi Jiwa Syariah Bumiputera memiliki strategi yang berbeda dengan perusahaan lain untuk meningkatkan penjualan produknya, yaitu dengan cara sosialisasi kepada masyarakat mengenai produk Assalam Family. Berdasarkan Latar belakang diatas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah penerapan strategi pemasaran di PT Asuransi Jiwa Syariah Bumiputera dalam meningkatkan penjualan produk Assalam Family?”. Oleh karena itu tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi pemasaran yang digunakan oleh PT. Asuransi Jiwa Syariah Bumiputera dalam meningkatkan penjualan produk Assalam Family. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang dipakai adalah metode wawancara dan dokumentasi. Analisis secara deskriptif kualitatif berupa kata-kata, tulisan atau lisan dari orang-orang yang berprilaku yang dapat dimengerti. Analisis deskriptif ini dipergunakan dengan menguraikan dan merinci kalimat-kalimat yang ada dengan menggunakan pendekatan berfikir deduktif. Populasi yang akan diteliti harus didefinisikan dengan jelas sebelum penelitian dilakukan. Populasi pada penelitian ini berjumlah 69 orang yang terdiri dari 15 orang dinas dalam dan 54 dinas luar (Agen). Sampel berjumlah 2 orang yang terdiri dari 1 orang Agency Director, 1 orang Agency Manager Premier. Hasil penelitian yang diperoleh penulis setelah penulis menganalisa data bahwa strategi pemasaran yang diterapkan oleh PT Asuransi Jiwa Syariah Bumiputeradalam meningkatkan penjualan produk Assalam Family yaitu pertama merencanakan pasar yang akan dituju oleh marketing, misal di Perusahaan-perusahaan, Sekolah-sekolah, Desa-desa dll. Kedua merekrut Agen untuk menjual produk Assalam tersebut. Semakin banyak Agen yang di rekrut, maka peluang untuk meningkatkan penjualan semakin besar. Ketiga meningkatkan kinerja di bagian marketing. Keempat memberikan harga yang masuk akal yang sesuai standar perusahaan-perusahaan lain agar dapat bersaing masalah harga dengan perusahaan lain. Kelima menggunakan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 02 Oct 2018 07:48
Last Modified: 02 Oct 2018 07:48
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4551

Actions (login required)

View Item View Item