IMPLEMENTASI METODE HATAM DALAM MENGATASI INTERFERENSI RETROAKTIF DI TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN AL-BAROKAH WAY HALIM BANDAR LAMPUNG

Husniah, Lida (2018) IMPLEMENTASI METODE HATAM DALAM MENGATASI INTERFERENSI RETROAKTIF DI TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN AL-BAROKAH WAY HALIM BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI FIX LIDA HUSNIAH.pdf]
Preview
PDF
Download (5MB) | Preview

Abstract

Menghafal Al-Qur’an bukan semata-mata menghafal dengan mengandalkan kekuatan memori, akan tetapi termasuk serangkaian proses yang harus dijalani oleh penghafal Al-Qur’an setelah mampu menguasai hafalan secara kuantitas. Penghafal Al-Qur’an berkewajiban untuk menjaga hafalannya, memahami apa yang dipelajarinya dan bertanggungjawab untuk mengamalkannya. Banyak ditemui para penghafal Al-Qur’an yang semula hafalannya baik dan lancar tetapi pada suatu saat hafalan tersebut hilang dari ingatannya. Problem Interferensi Retroaktif (gangguan kelupaan) yang dapat menghancurkan hafalan ini tidak boleh dibiarkan begitu saja karena hal ini dapat mempengaruhi sulitnya seseorang untuk menambah hafalannya lagi, maka hafalan yang telah dimiliki harus dicairkan dan berupaya untuk mencari solusinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : Implementasi metode HATAM (Hafal Tanpa Menghafalkan) dalam mengatasi interferensi retroaktif di Taman Pendidikan Al-qur’an (TPA) Al-Barokah Way Halim Bandar Lampung Metode penelitian yang di gunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang di lakukan melalui wawancara kemudian observasi dan dokumentasi. Sumber data di peroleh dari ustadz, ustadzah dan para santri sebagai informan pendukung. Hasil penelitian sebagai berikut: 1) Metode HATAM di Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) Al-Barokah Way Halim Bandar Lampung menurut hasil penelitian dikategorikan efektif. Selain itu metode HATAM diterima dengan baik oleh para santri, karena dirasa mudah dan membuat ingatan dapat bertahan lebih lama. 2) Interferensi Retroaktif santri di Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) Al- Barokah Way Halim Bandar Lampung menurut hasil penelitian dikategorikan berkurang dan lebih baik. Hal tersebut dapat dibuktikan dari banyaknya santri yang sudah mampu melafalkan ayat Al-Qur’an yang sebelumnya pernah dihafalkan dengan lancar tanpa adanya kekeliruan antara ayat satu dengan ayat yang lainnya

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 02 Oct 2018 07:34
Last Modified: 02 Oct 2018 07:34
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4549

Actions (login required)

View Item View Item