PENGEMBANGAN BAHAN AJAR GAMIFIKASI BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA MATERI PELUANG

Pangestu, Rini (2018) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR GAMIFIKASI BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA MATERI PELUANG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img]
Preview
PDF
Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar gamifikasi berbasis Contxtual Teaching Lerning (CTL) pada materi peluang. Untuk meliahat penilian validator terhadap kelayakan bahan ajar gamifikasi berbasis Contxtual Teaching Lerning (CTL) pada materi peluang dan melihat respon peserta didik terhadap kemenarikan bahan ajar gamifikasi berbasis Contxtual Teaching Lerning (CTL) pada materi peluang. Penelitian ini menggunakan jenis penilitian research and development dengan model penelitian ADDIE (Analisys, Desaign, Development, Implementation dan Evaluation. Tahap development (pengembangan) melibatkan 9 validator ( tiga validator ahli materi, tiga ahli media dan tiga ahli bahasa) untuk menilai kelayakan materi, media dan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Tahap Implementation (uji coba lapangan) melibatkan 80 peserta didik ( 30 peserta didik uji coba kelompok kecil dan 50 peserta didik uji coba kelompok besar). Penilaian kemenarikan bahan ajr gamifikasi berbasis Contxtual Teaching Lerning (CTL) pada materi peluang mengunakan angket yaitu angket validator dan angket peserta didik. Analisis data mengunakan analisi deskriptif berbantuan Microsoft Office Excel 2007. Hasil validasi ahli materi dari 3 validator menunjukkan bahwa secara keseluruhan produk memperoleh nilai rata-rata sebesar 3,3 dan Hasil validasi ahli media memperoleh nilai rata-rata sebesar 3,6 sedangkan hasil validasi ahli bahasa memperoleh nilai rata-rata sebesar 3,3. Sementara hasil uji coba kelompok kecil dari 15 peserta didik Mts Darul A’mal Metro diperoleh hasil kemenarikan bahan ajar dengan nilai rata-rata 3,3. sedangkan uji coba kelompok besar yang dikalkukan di SMPN 3 Tanjung Raja Lampung Utara memperoleh nilai rata-rata 3,5. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pengembangan bahan ajar gamifikasi berbasis contextual teaching learning (CTL) pada kriteria sangat layak dan menarik. Kata Kunci : Gamifikasi, Contextual Teachung Learning (CTL), peluang

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 02 Oct 2018 03:30
Last Modified: 02 Oct 2018 03:30
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4538

Actions (login required)

View Item View Item