PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SOMATIC, AUDITORY, VISUAL, INTELEKTUAL (SAVI) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V MIN 9 BANDAR LAMPUNG

Sayekti, Rr.Wiganti (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SOMATIC, AUDITORY, VISUAL, INTELEKTUAL (SAVI) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V MIN 9 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI RORO.pdf]
Preview
PDF
Download (6MB) | Preview

Abstract

Matematika adalah salah satu mata pelajaran yang diajarkan disetiap jenjang pendidikan, mulai dari jenjang sekolah dasar, menangah pertama, menengah atas hingga perguruan tinggi. Namun pada kenyataannya, masih banyak siswa yang menganggap bahwa matematika sebagai mata pelajaran yang sulit sehingga berdampak pada hasil belajar siswa yang masih rendah. Agar hasil belajar matematika siswa meningkat maka dalam proses pembelajaran diperlukan suatu model pembelajaran. Salah satu model pembelajaran yang digunakan adalah model pembelajaran somatic, auditory, visual, intelektual (SAVI) pada siswa kelas V di MIN 9 Bandar Lampung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran somatic, auditory, visual, intelektual (SAVI) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V MIN 9 Bandar Lampung. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif, sedangkan metode penelitian ini adalah metode eksperimen semu (quasy eksperiment) dengan teknik pengumpulan data post test only group design. Sampel penelitian ditetapkan sebanyak 2 kelas dengan jumlah 53 siswa, yang ditentukan dengan cara cluster random sampling. Data kemampuan hasil belajar matematika dikumpulkan dengan tes hasil belajar berbentuk soal pilihan ganda. Data dianalisis dengan perhitungan uji normalitas dan uji homogenitas. Uji hipotesis penelitian menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa (thitung = 3,03 > ttabel = 2,01) maka (Ha) diterima. Dengan perbandingan nilai rata-rata hasil belajar matematika siswa kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran SAVI sebesar 78,1 dan nilai rata-rata hasil belajar matematika siswa kelas kontrol yang tidak menggunakan model pembelajaran SAVI sebesar 71,05 ini menunjukkan bahwa model pembelajaran somatic, auditory, visual, intelektual (SAVI) berpengaruh dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V MIN 9 Bandar Lampung. Kata Kunci : Model Pembelajaran Somatic, Auditory, Visual, Intelektual (SAVI), Hasil Belajar Matematika.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 02 Oct 2018 02:03
Last Modified: 02 Oct 2018 02:03
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4536

Actions (login required)

View Item View Item