PENGARUH ATRIBUT PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMILIHAN JASA PERBANKAN SYARIAH DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Kasus Pada Pedagang Di Pasar Koga Bandar Lampung)

Aulia, Qori (2018) PENGARUH ATRIBUT PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMILIHAN JASA PERBANKAN SYARIAH DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Kasus Pada Pedagang Di Pasar Koga Bandar Lampung). Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di salah satu pasar yang terletak di Kota Bandar Lampung yaitu Pasar Koga Bandar Lampung yang mana 80% dari 355 pedagang di pasar tersebut adalah muslim. Pedagang atau pelaku usaha cenderung melakukan transaksi untuk menyimpan dananya ataupun melakukan pembiayaan untuk menjalankan usahanya. Oleh sebab itu, adanya peluang perbankan syariah dalam menarik minat pedagang untuk menggunakan jasanya dengan menawarkan produk yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan nasabah serta memberikan kualitas pelayanan yang baik. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu apakah atribut produk islami dan kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pedagang dalam memilih jasa perbankan syariah baik secara parsial maupun secara simultan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah atribut produk islami dan kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pedagang dalam memilih jasa perbankan syariah baik secara parsial maupun secara simultan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif. Data yang digunakan oleh peneliti adalah data primer dan data sekunder. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, kuesioner, buku-buku, serta literatur yang lain. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling purposive, dengan jumlah responden sebanyak 80 responden. Teknik analisis data yang dilakukan ialah analisis regresi linier berganda dengan uji t, uji F, dan koefisien determinasi (Adjusted R2) yang diolah melalui program SPSS versi 17.0 dengan taraf sign 5%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa atribut produk tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pemilihan pedagang, hal ini dibuktikan dengan nilai thitung < ttabel (0,873 < 1,991) ini membuktikan atribut yang dimiliki oleh bank syariah belum mampu meyakinkan pedagang dalam mengambil keputusan pemilihan. Kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pedagang dalam memilih jasa perbankan syariah, hal ini dibuktikan dengan nilai thitung > ttabel (10,889 > 1,991) ini membuktikan bahwa semakin baik kualitas pelayanan yang diberikan maka akan berdampak pada pemakaian yang berulang-ulang. Atribut produk dan kualitas pelayanan dalam perspektif islam secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pedagang dalam memilih jasa perbankan syariah, hal ini dibuktikan dengan nilai fhitung ≥ ftabel (62,274 ≥ 3,128) ini membuktikan bahwa atribut produk dankualitas pelayanan yang diberikan oleh bank syariah telah sesuai dengan prinsip islam. Hasil koefisien determinasi menunjukkan 60,4% variabel keputusan pedagang dalam memilih jasa perbankan syariah dipengaruhi oleh variabel atribut produk islami dan kualitas pelayanan, sedangkan sisanya sebesar 39.6% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kata Kunci : Atribut Produk, Kualitas Pelayanan, Keputusan Pemilihan, Perbankan Syariah, Ekonomi Islam

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 02 Oct 2018 01:43
Last Modified: 02 Oct 2018 01:43
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4533

Actions (login required)

View Item View Item