DAMPAK PEMEKARAN WILAYAH TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT DALAM PELAYANAN PUBLIK DI KECAMATAN WAY RATAI KABUPATEN PESAWARAN

Rian, Andika (2018) DAMPAK PEMEKARAN WILAYAH TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT DALAM PELAYANAN PUBLIK DI KECAMATAN WAY RATAI KABUPATEN PESAWARAN. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Pemekaran wilayah yang terjadi selama ini pada umumnya didasari oleh ketidak jangkauan pemerintah dalam menjalankan fungsi pelayanan yang maksimal sebagai akibat dari luasnya wilayah dan perkembangan jumlah penduduk, disamping itu sarana dan prasarana penunjang lainya. Hal itu menyebabkan terjadinya kesenjangan antara masyarakat dan pemerintah, dimana masyarakat yang posisinya relatif jauh dengan pusat pemerintah. Pemerintah Kabupaten Pesawaran melakukan pemekaran di kecamatan wilayahnya, salah satunya yaitu Kecamatan Way Ratai yang merupakan hasil pemekaran dari Padang Cermin. Dimana tujuan dari pemekaran ini untuk memberikan pelayanan yang lebih efektif dan efisien kepada masyarakat Way Ratai. Akan tetapi masih terlihat, masyarakat yang mengeluh tentang kurang berkualitasnya pelayanan yang diterima. Hal ini disebabkan karena Kantor Kecamatan Way Ratai adalah hasil dari peninggalan dari Kantor kecamatan sebelumnya yaitu Kecamatan Padang Cermin sehingga bagunannya tidak diperbaiki kembali sehingga kantor kecamatan tersebut masih rusak tanpa perbaikan, dan masih kurang lekapnya sara dan prasarana pelayanan di wilayah ini, sehingga kualitas pelayanan yang diberikan sering kali tidak dapat sepenuhnya memuaskan dan memenuhi kebutuhan masyarakat. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik deskriptif analisis dalam bentuk angket. Dimana penulis menggambarkan atau melukiskan obyek yang diteliti, melalui teknik pengumpulan data, yang meliputi wawancara dan dokumentasi. Sedangkan lokasi penelitianya adalah di Kecamatan Way ratai Kabupaten Pesawaran. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Dampak Pemekaran Wilayah Terhadap Kepuasan Masyarakat Dalam Pelayanan Publik dilihat dari berbagai aspek kualitas pelayanan yang ada di Kantor Kecamatan Way Ratai dan mengetahui faktor pendukung dan penghambat kepuasan masyarakat pada pelayanan publik. Hasil penelitian yang peneliti lakukan menunjukan bahwa dampak pemekaran wilayah terhadap kepuasan masyarakat dalam pelayanan publik di Kecamatan Way Ratai belum biasa memberikan perubahan yang lebih baikterhadap kualitas pelayanan yang diberikan kepada masyarakat dan juga sarana dan prasarana yang kurang memadai. Masyarakat memberikan penilaian terhadap kualitas pelayanan yang dilakukan pemerintah Kecamatan Way ratai 4 sebab masyarakat merasakan sendiri pelayanan yang diberikan petugas, pelayanan yang ada belum bisa memberikan peningkatan dan kualitas pelayanan yang ada, kekurangan/ faktor penghambatnya seperti masalah kurangnya pegawai, minimnya sarana dan prasarana pelayanan dan juga ketetapan tempat khususnya dalam mengurus administrasi kependudukan belum ada kejelasan dari pemerintah Kabupaten Peswaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pemikiran Politik Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Pemikiran Politik Islam
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 01 Oct 2018 02:10
Last Modified: 01 Oct 2018 02:10
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4519

Actions (login required)

View Item View Item