KECENDERUNGAN PERILAKU BULLYING DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN BIG FIVE

Ceria, Pertiwi (2018) KECENDERUNGAN PERILAKU BULLYING DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN BIG FIVE. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img]
Preview
PDF
Download (4MB) | Preview

Abstract

Perilaku bullying adalah suatu penindasan yang dilakukan oleh seorang atau kelompok yang lebih kuat kepada seorang yang lebih lemah kedudukannya.Kepribadian seseorang juga dapat menjadi faktor penyebab terjadinya bullying di sekolah. Siswa yang kurang mampu mengolah emosinya cenderung akan menjadi pelaku bullying sehingga akan mendominasi temannya yang lemah. Kebanyakan pelaku bullying juga didasari dari ikutikutan kemudian berkembang menjadi kebiasaan. Siswa yang menjadi pelaku bullying di sekolahsering juga kurang memiliki empati dan cenderung kurang baik dalam mengatur waktunya. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui hubungan perilaku bullying dengan kepribadian big five dan mencari dominansi tipe kepribadian yang lebih berpengaruh pada perilaku bullying pada remaja Sekolah Menengah Atas Negeri 7 Bandar Lampung. Subjek penelitian ini merupakan siswa dan siswi SMA Negeri 7 Kota Bandar Lampung dengan sampel yang diambil sebanyak 86 orang yang di pilih menggunakan teknik purposive sampling. Alat yang digunakan dalam pengumpulan data menggunakan skala perilaku bullying yang terdiri dari 35 aitem (rxy = 0,918) dan skala kepribadian big five yang terdiri dari 37 aitem (rxy = 0,901), terbagi kedalam lima tipe kepribadian yaitu ekstraversion (rxy = 0,709), agreebleness (rxy = 0,709), conscintiousness (rxy = 0,769), emotional stability (rxy = 0,723) dan intellect (rxy = 0,584). Hipotesis dalam penelitian ini, adanya hubungan masing-masing dari lima tipe kepribadian big five dengan kecenderungan siswa untuk melakukan tindak bullying. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah skala perilaku bullying dan skala Kepribadian big five. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan dua dari lima tipe kepribadian big five memiliki hubungan yang signifikan dengan kecenderungan perilaku bullying yaitu emotional stability dan intellect. Tipe kepribadian emotional stabilitydengan koofisien regresi -0,882(p = 0,007)memiliki hubungan yang signifikan secara negatif dengan kecenderungan perilaku bullying. Tipe keribadian intellectdengan koofisien regresi 1,159 (p = 0,003) memiliki hubungan yang signifikan secara positif dengan kecenderungan perilaku bullying. sumbangan efektif yang mempengaruhi variabel adalah sebesar 27,5 %. Kata kunci : Kepribadian big five, kecenderungan perilaku bullying

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Psikologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Psikologi Agama
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 27 Sep 2018 06:48
Last Modified: 27 Sep 2018 06:48
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4503

Actions (login required)

View Item View Item