PENERAPAN STRATEGI DIRECTED READING THINKING ACTIVITY(DRTA) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN KELAS V DI MADRASAH IBTIDAIYAH ISMARIA AL-QUR’ANNIYAH RAJABASA BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Anggi, Angraini (2018) PENERAPAN STRATEGI DIRECTED READING THINKING ACTIVITY(DRTA) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN KELAS V DI MADRASAH IBTIDAIYAH ISMARIA AL-QUR’ANNIYAH RAJABASA BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Proses pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah Ismaria Al-Qur’anniyah belum mencapai hasil yang memuaskan, hal ini disebabkan karena metode pembelajaran yang diterapkan oleh guru bahasa Indonesia belum maksimalsehingga keterlibatan siswa selalu pasif. Pembelajaran masih didominasi oleh guru dan menyebabkan pembelajaran menjadi monoton. Hal ini dapat dilihat dari nilai hasil belajar siswa yang berjumlah 40 peserta didik yang tuntas hanya 5 orang (12,5%) dan yang belum tuntas 35 orang (87,5%). Untuk itu diperlukan strategi pembelajaran yang cocok salah satunya adalah Directed Reading Thinking Activity (DRTA). Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu “Apakah penerapan strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Ismaria Al-Qur’anniyah Rajabasa Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2018/2019”. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK).Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 40 peserta didik.Penelitian Tindakan Kelas dilaksanakan dalam tiga siklus yang terdiri dari 4 tahapan utama yaitu perencanaa, pelaksanaan, observasi dan refleksi.Jenis data yang digunakan adalah deskripsi kualitatif.Tujuan penelitian ini adalah untuk menerapkan strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA)dalam meningkatkan ketrampilan pemahaman membaca pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Ismaria Al-Qur’anniyah. Alat pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar siswa meningkat pada setiap siklusnya. Pada siklus I terdapat 12 peserta didik atau (30%) yang tuntas. Pada siklus ke II mengalami peningkatan yaitu sebanyak 21 peserta didik (52,5%) yang tuntas. Pada siklus ke III terjadi peningkatan yang signifikan yaitu terdapat 35 peserta didik (90%) tuntas.Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) dapat meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Ismaria Al-Qur’anniyah Rajabasa Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2018/2019. Kata kunci :Strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA), Pemahaman Membaca, Bahasa Indonesia

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 27 Sep 2018 06:34
Last Modified: 27 Sep 2018 06:36
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4502

Actions (login required)

View Item View Item