PENGARUH KUALITAS HUBUNGAN TERHADAP LOYALITAS NASABAH (Studi pada Nasabah Bank Syariah Mandiri KC Metro Lampung)

Miftahudin, M (2018) PENGARUH KUALITAS HUBUNGAN TERHADAP LOYALITAS NASABAH (Studi pada Nasabah Bank Syariah Mandiri KC Metro Lampung). Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img]
Preview
PDF
Download (4MB) | Preview

Abstract

Di dalam lingkup perekonomian yang terus berubah, persaingan antar perbankan syariah semakin kuat. Sebagai salah satu bank yang mendapatkan penghargaan Customer Loyalty Award, Bank Syariah Mandiri juga harus tetap menjaga nasabahnya agar tidak terjadi Customer Churn (perpindahan nasabah). Strategi utama yang harus dilakukan ialah berupaya meningkatkan loyalitas nasabahnya, salah satu upaya dalam meningkatkan loyalitas ini adalah dengan keberhasilan relationship marketing melalui kualitas hubungan (relationship quality) yang terdiri dari kepercayaan, kepuasan dan komitmen yang dibangun oleh Bank Syariah Mandiri untuk nasabahnya. Kualitas hubungan merupakan suatu strategi dalam rangka membina hubungan jangka panjang dengan nasabah. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimanakah kualitas hubungan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah secara parsial dan dalam perspektif ekonomi islam. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimanakah pengaruh kualitas hubungan terhadap loyalitas nasabah secara parsial dan dalam perspektif ekonomi islam. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang bersifat asosiatif dengan menggunakan data primer dan sekunder. Tempat penelitian dilakukan di Bank Syariah Mandiri KC Metro Lampung dengan jumlah populasi 2080 nasabah dan sampel 95 nasabah dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kusioner, wawancara dan dokumentasi. Pengujian instrumen penelitian menggunakan uji validitas, reliabilitas, normalitas dan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana dan uji parsial (uji t). Hasil analisis regresi sederhana dinyatakan bahwa kualitas hubungan antara nasabah dan Bank Syariah Mandiri yang ditinjau pada sisi loyalitas nasabah berpengaruh positif. Sedangkan hasil uji secara parsial (Uji t) adalah 5,431 > 1,985, dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, sehingga ditolak dan diterima yang artinya variabel kualitas hubungan berpengaruh signifikan terhadap variabel loyalitas nasabah. Hasil uji determinasi ( ) diperoleh koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,241, artinya pengaruh kualitas hubungan terhadap loyalitas nasabah dapat dijelaskan sebesar 24,1% dan sisanya 75,9% dijelaskan oleh variabel lain diluar penelitian. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa variabel kualitas hubungan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah karena kualitas hubungan yang dibangun oleh Bank Syariah Mandiri telah mampu menumbuhkan rasa kepercayaan, kepuasan dan komitmen nasabah sehingga terciptanya loyalitas nasabah. Kata Kunci: Relationship Marketing, Kualitas Hubungan (Relationship Quality), Kepercayaan, Komitmen, Kepuasan, Loyalitas Nasabah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 26 Sep 2018 07:59
Last Modified: 26 Sep 2018 07:59
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4491

Actions (login required)

View Item View Item