ANALISIS STRATEGI PROMOSI PARIWISATA DALAM UPAYA MENINGKATKAN PENDAPATAN ASLI DAERAH (PAD) DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi pada Dinas Pariwisata Kota Bandar Lampung

Yurleni, Y (2018) ANALISIS STRATEGI PROMOSI PARIWISATA DALAM UPAYA MENINGKATKAN PENDAPATAN ASLI DAERAH (PAD) DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi pada Dinas Pariwisata Kota Bandar Lampung. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI YURLENI.pdf]
Preview
PDF
Download (6MB) | Preview

Abstract

Sektor pariwisata saat ini telah menjadi aspek penting dalam kemajuan ekonomi suatu negara. Pariwisata menjadi pilihan utama dalam pengembangan wilayah. Perkembangan pariwisata telah mengalami banyak perubahan baik perubahan pola, bentuk dan sifat kegiatan perjalanan destinasi wisata, dan lainlain. Dalam hal ini peran strategi promosi untuk perencanaan pariwisata sangat dibutuhkan, perencanaan pariwisata menjadi penting karena fenomena pariwisata semakin kompleks, pariwisata semakin kompetitif dan promosi destinasi wisata semakin gencar dilakukan tidak hanya di Indonesia tetapi juga di negara lain. Pariwisata mempengaruhi semua orang dalam komunitas tertentu, semua yang terlibat dalam pariwisata perlu berpartisipasi dalam proses perencanaan pariwisata agar pariwisata di Indonesia dapat bersaing dengan negara-negara lain. Peranan pemasaran pariwisata dapat meningkatkan pengetahuan dan kesadaran pemangku kepentingan pariwisata, terutama pangsa pasar utama terhadap upaya pelestarian produk-produk wisata secara berkelanjutan sehingga dengan demikian bidang pariwisata dapat lebih berkontribusi terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD). Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi promosi pariwisata pada Dinas Pariwisata Kota Bandar Lampung dalam meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Bandar Lampung serta bagaimana pandangan Islam terhadap strategi promosi pariwisata pada Dinas Pariwisata Kota Bandar Lampung dalam meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Tujuan penelitian dilakukan untuk mengetahui bagaimana strategi promosi pariwisata yang digunakan oleh Dinas Pariwisata Kota Bandar Lampung dalam meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Bandar Lampung dan pandangan dalam Perspektif Ekonomi Islam Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan bersifat deskriptif analisis. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Dengan menggunakan metode pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu Dinas Pariwisata Kota Bandar Lampung merumuskan langkah-langkah strategi promosi yaitu promotion mix. Dalam strategi promosi Dinas Pariwisata Kota Bandar Lampung menggunakan media elektronik seperti internet sudah berjalan dengan baik. Dinas Pariwisata Kota Bandar Lampung juga mempunyai website sendiri. Akan tetapi strategi promosi melalui media cetak masih belum maksimal dilakukan.. kontribusi sektor pariwisata terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Bandar Lampung dari tahun 2012-2016 mengalami kenaikan setiap tahunnya. Strategi promosi Dinas Pariwisata Kota Bandar Lampung dalam perspektif ekonomi Islam dapat disimpulkan bahwa berdasarkan prinsip ekonomi Islam dalam berpromosi dan etika bisnis Islam yang terdiri dari kejujuran, amanah, keadilan, dan istiqomah, Dinas Pariwisata sudah menjalankan prinsip Islam dengan benar sesuai dengan syari’at Islam

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 26 Sep 2018 06:56
Last Modified: 26 Sep 2018 06:56
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4489

Actions (login required)

View Item View Item