PENERAPAN METODE PROYEK UNTUK MENINGKATKAN KOGNITIF DALAM MENGENAL GEOMETRI PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK AISYIYAH 2 KEDATON BANDAR LAMPUNG

Agustina, Yanti (2018) PENERAPAN METODE PROYEK UNTUK MENINGKATKAN KOGNITIF DALAM MENGENAL GEOMETRI PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK AISYIYAH 2 KEDATON BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Skripsi Full.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Metode proyek merupakan salah satu cara pemberian pengalaman belajar dengan menghadapkan anak dengan persoalan sehari-hari yang harus dipecahkan secara berkelompok. Kognitif adalah suatu proses berfikir, yaitu kemampuan individu untuk menghubungkan, menilai dan mempertimbangkan suatu kejadian atau peristiwa. Sedangkan Geometri adalah membangun konsep dimulai dengan mengidentifikasi bentuk-bentuk dan menyelidiki bangunan dan memisahkan gambargambar seperti segi empat, lingkaran segitiga. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana upaya guru dalam penerapan metode proyek untuk meningkatkan kognitif dalam mengenal geometri di TK Aisyiyah 2 Kedaton Bandar Lampung. Penelitian ini merupakan penelitian deskriftif kualitatif yang melibatkan 2 orang guru di kelas B, data yang dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumen analisis, Data di analisis secara Kualitatif dengan menggunakan cara reduksi data, display daa dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya guru dalam penerapan metode proyek untuk meningkatkan kognitif dalam mengenal geometri sebagai berikut: 1)Menetapkan tema yang dipilih dalam kegiatan proyek, 2) Menetapkan rancangan bahan dan alat yang diperlukann dalam kegiatan proyek, 3) Menetapkan rancangan pengelompokan dalam kegiatan proyek, 4)Menetapkan rancangan langkah-langkah kegiatan, 5) Menetapkan rancangan penilaian kegiatan pengajaran dengan metode proyek.Kelima langkah metode proyek ini telah diterapkan oleh guru di Taman Kanak-kana Aisyiyah 2 dan dapat menjadi alternatif untuk meningkatkan kognitif anak usia dini. Pendidik tidak harus menekankan tingkat keberhasilan yang dilakukan anak, melainkan harus melihat setiap kemampuan yang dimiliki anak, karena kemampuan anak berbeda-beda. Kata kunci: Metode Proyek, Kognitif, Geometri

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Users 516 not found.
Date Deposited: 25 Sep 2018 07:13
Last Modified: 25 Sep 2018 07:13
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4482

Actions (login required)

View Item View Item