PENIINGKATAN HASIL BELAJAR IPS DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA POWERPOINT PADA PESERTA DIDIK KELAS IV DI MI AL-KHAIRIYAH KALIAWI BANDAR LAMPUNG

Gustia, Yuke Rizma (2017) PENIINGKATAN HASIL BELAJAR IPS DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA POWERPOINT PADA PESERTA DIDIK KELAS IV DI MI AL-KHAIRIYAH KALIAWI BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, IAIN Raden Intan Lampung.

[img]
Preview
PDF
Download (7MB) | Preview

Abstract

Proses pembelajaran mata pelajaran Ilmu Sosial Budaya (IPS) pada umumnya berjalan monoton. Proses pembelajaran yang dikembangkan guru dari materi ke materi tidak pernah lepas dari penggunaan metode ceramah, dilanjutkan tanya jawab, dan diakhiri dengan latihan mengerjakan soal-soal. Hal ini mengakibatkan rendahnya minat siswa sehingga hasil belajar tidak optimal. Salah satu alternatif adalah dengan menggunakan media powerpoint. Rumusan masalah penelitian ini adalah “Apakah penggunaan media PowerPoint dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran IPS kelas IV MI Al-Khairiyah Kaliawi Bandar Lampung? ”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas IV MI al-Khairiyah Kaliawi Bandar Lampung dengan menggunakan media powerpoint. Hipotesis penelitian ini adalah Penggunaan media powerpoint dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPS di kelas IV MI Al-Khiariyah Kaliawi Bandar Lampung. Penelitian ini dilaksanakan di MI Al-Khairiyah Kaliawi Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dalam pelaksanaan tindakan, langkah-langkahnya terdiri dari Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan, Refleksi. Siklus berlangsung pada dua putaran, yaitu siklus I dan siklus II. Alat pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif. Kriteria keberhasilan dalam penelitian ini adalah 85%. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media powerpoint dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS bagi siswa kelas IV MI al-Khairiyah Kaliawi Bandar Lampung. Analisis dapat menunjukkan bukti bahwa persentase hasil belajar pada prasiklus 35% meningkat pada siklus I menjadi 60% dan pada siklus II meningkat menjadi 85%. Penggunaan media powerpoint juga dapat meningkatkan hasil belajar siswa, hasil analisa dapat menunjukkan bukti bahwa persentase hasil pada prasiklus adalah 40% (12 siswa). Kenaikan dicapai pada tes siklus I, persentase hasil belajar yang mencapai KKM adalah 60% (12 siswa). Dan dapat meningkat pada siklus II adalah 85% (17 siswa). Kata Kunci: Hasil Belajar, IPS, Media PowerPoint

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: HAMID FAHMI FAHMI
Date Deposited: 21 Mar 2017 01:24
Last Modified: 21 Mar 2017 01:24
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/448

Actions (login required)

View Item View Item