MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM MENGGUNAKAN SOFTWARE KINE MASTER UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PESERTA DIDIK MTs

Nurlaili, Dewi (2018) MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM MENGGUNAKAN SOFTWARE KINE MASTER UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PESERTA DIDIK MTs. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img]
Preview
PDF
Download (7MB) | Preview

Abstract

Kemajuan teknologi diharapkan mampu memberikan pembaharuan pada proses pembelajaran dengan pemanfaatan teknologi yang memadai. Saat ini pendidik masih menentukan model pembelajaran yang tepat untuk proses pengajaran, minimnya waktu pengajaran di sekolah menjadi salah satu permasalahan yang muncul dan pemahaman konsep peserta didik juga alasan hasil belajar peserta didik rendah. Tujuan dari penelitian ini yaitu ingin mengetahui peningkatan pemahaman konsep peserta didik menggunakan model pembelajaran Flipped Classroom menggunakan Software Kine Master di MTs N 1 Bandar Lampung Penelitian ini merupakan Quasi Eksperimen Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik MTs N 1 Bandar Lampung. Teknik Pengambilan sampel dalam penelitian ini dengan cara Cluster Random Sampling. Sampel pada penelitian ini menggunakan tiga kelas, kelas VII D sebagai eksperimen 1, kelas VII C sebagai eksperimen 2 dan kelas VII F sebagai kelas kontrol. Pengujian hipotesis menggunakan Anova Satu Jalur dengan taraf signifikan 5%, sebelum melakukan hipotesis dilakukan uji prasyarat yang meliputi uji normalitas, homogenitas. Adapun data pada tabel untuk nilai Fhitung = 6.918 dengan Ftabel = 3.087, maka Ftabel < Fhitung (H0 ditolak) yaitu rata-rata pemahaman konsep matematis peserta didik terdapat perbedaan dengan model Flipped Classrom menggunakan software kine master, tidak sama dengan model konvensional menggunakan software kine master dan konvensional. Hasil dari kriteria N-gain kelas eksperimen 1 yaitu 0,49 dengan kriteria sedang, kelas eksperimen 2 dan kontrol berkriteria rendah, sehingga model pembelajaran flipped classroom menggunakan software kine master dapat digunakan untuk peningkatan pemahaman konsep peserta didik. Kata kunci : Model Pembelajaran Flipped Classroom, Video Software Kine Master , Pemahaman Konsep.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 516 not found.
Date Deposited: 25 Sep 2018 02:04
Last Modified: 25 Sep 2018 02:04
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4465

Actions (login required)

View Item View Item