PENGARUH PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME DENGAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS PADA PESERTA DIDIK KELAS XI MAN 1 KRUI PESISIR BARAT TAHUN 2013/2014

Prawinata, Yudi (2018) PENGARUH PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME DENGAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS PADA PESERTA DIDIK KELAS XI MAN 1 KRUI PESISIR BARAT TAHUN 2013/2014. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Skripsi Full.pdf]
Preview
PDF
Download (71MB) | Preview

Abstract

Pendekan konstruktivisme adalah pendekatan pembelajaran yang mengedepankan peserta didik untuk membina sendiri pengetahuannya, memncari arti dari apa yang mereka pelajari, dan merupakan proses menyelesaikan konsep dan ideide baru dengan kerangka berpikir yang telah ada dan dimilikinya. Model pembelajaran kooperatif (Cooperative Learning) tipe STAD adalah model pembelajaran yang memacu siswa agar saling mendorong dan membantu satu sama lain untuk menguasai keterampilan yang diajarkan guru. Metode yang digunaka dalam penelitian ini adalah metode eksperimen, peneliti memilih metode ini adalah sebagaiman pendapat yang dikemukakan oleh Jalaludin Rakhmat yaitu untuk meneliti hubungan sebab akibat dengan manipulasi satu atau lebih kelompok eksperimen dan kemudian membandingkan hasil penelitian eksperimen itu dengan kelompok kontrol yang tidak mengalami manipulasi/tindakan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa MAN 1 Krui Pesisir Barat tahun ajaran 2014/2015. Pengumpulan data diperoleh dengan menggunakan instrumen tes. Berdasarkan hasil penelitian dan pengolahan data, Berdasarkan hasil uji normalitas dengan menggunakan uji lilliefors dan uji kesamaan dua varians dengan menggunakan varians terbesar dibandingkan dengan varians terkecil, diperoleh bahwa data hasil tes dari kedua kelompok tersebut normal dan homogen sehingga untuk pengujian hipotesis dapat digunakan uji-t. Menurut hasil penelitian dan pembahasan perhitungan uji-t diperoleh thitung = 3,04, sedangkan nilai ttabel = 2,00. Oleh karena thitung > ttabel maka H0 ditolak dan H1 diterima yang berarti bahwa terdapat pengaruh atau peningkatan pemahaman matematis pembelajaran menggunakan pendekatan konstruktivisme dengan model Kooperatif Learning tipe STAD.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 21 Sep 2018 07:49
Last Modified: 21 Sep 2018 07:49
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4463

Actions (login required)

View Item View Item