PENGARUH PEMBELAJARAN MODEL KOOPERATIF TIPE PAIR CHECK TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI KEMAMPUAN VERBAL PESERTA DIDIK KELAS VII SMPN 1 SIDOMULYO

Surani, Dewi (2018) PENGARUH PEMBELAJARAN MODEL KOOPERATIF TIPE PAIR CHECK TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI KEMAMPUAN VERBAL PESERTA DIDIK KELAS VII SMPN 1 SIDOMULYO. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img]
Preview
PDF
Download (9MB) | Preview

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah merupakan suatu alat penting untuk mempelajari matematika. Kemampuan pemecahan masalah matematika adalah kemampuan untuk menyelesaikan suatu masalah matematika secara terstruktur melalui beberapa tahapan. Penelitian ini akan dilakukan di SMPN 1 Sidomulyo Lampung Selatan. Berdasarkan pra penelitian menunjukan bahwa Kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik SMPN 1 Sidomulyo masih rendah. Penulis tertarik untuk menerapkan model pembelajaran yang dapat meningkatkan Kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Pair Check terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian Quasy Experimental dengan rancangan penelitian faktorial 2x3. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP SMPN 1 Sidomulyo. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik acak kelas. Materi yang digunakan dalam penelitian ini adalah SPLSV dan SPtLSV. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes kemampuan verbal dan tes kemampuan pemecahan masalah matematika berupa soal uraian. Teknik analisis data penelitian ini adalah analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama. Hasil analisis dengan taraf signifikan 5 % diperoleh Fobs = 9,65 >F = 3,998 sehingga H0A ditolak, Fobs = 5,43 > F = 3,148 sehingga H0B ditolak, dan Fobs = 1,50 < F = 3,148sehingga H0AB diterima. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa : (1) terdapat pengaruh model pembelajaran Pair Check terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika dibandingkan peserta didik yang memperoleh model pembelajaran konvensional, (2) terdapat pengaruh kemampuan verbal tinggi, kemampuan verbal sedang dan kemampuan verbal rendah peserta didik terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika, (3) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran Pair Check dan kemampuan verbal peserta didik terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 21 Sep 2018 03:53
Last Modified: 21 Sep 2018 03:53
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4458

Actions (login required)

View Item View Item