PENGARUHKEMAMPUAN SISWA DALAM MEMBACA AL-QUR’AN TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI KELAS IV SD N 1 JAGABAYA III KEC. WAY HALIM KOTA BANDAR LAMPUNG

Syarif, Abdul (2018) PENGARUHKEMAMPUAN SISWA DALAM MEMBACA AL-QUR’AN TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI KELAS IV SD N 1 JAGABAYA III KEC. WAY HALIM KOTA BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Skripsi Full.pdf]
Preview
PDF
Download (68MB) | Preview

Abstract

Kemampuan membaca al-Qur’an khususnya bagi siswa yang ada di sekolah umum (SD) sangat penting sekali dalam meningkatkan prestasi belajar bidang studi pendidikan agama Islam. Dikatakan penting karena al-Qur’an sebagai salah satu ruang lingkup pendidikan agama Islam menjadi dasar pokok dari materi pendidikan agama Islam. Berangkat dari permasalahan tersebut, maka yang menjadi masalah yang ingin dijawab dalam penelitian ini adalah bagaimana kemampuan siswa dalam membaca al-Qur’an di SD Negeri 1 Jagabaya III, Way Halim Bandar Lampung untuk dapatnya meningkatkan prestasi balajar pendidikan agama Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa dalam membaca al-Qur’an di SD Negeri 1 Jagabaya III, Way Halim Bandar Lampung dalam rangka meningkatkan prestasi balajar pendidikan agama Islam di SD Negeri 1 Jagabaya III, Way Halim Bandar Lampung Untuk mengetahui kemampuan siswa dalam membaca al-Qur’an, penulis melakukan penelitian dengan menggunakan metode observasi, tes, Sedangkan untuk menganalisisnya, penulis menggunakan teknik analisis deskriptif terhadap data hasil tes. Dan untuk data yang diperoleh melalui tes, penulis menggunakan bantuan teknik sofwere SPSS. Dari hasil penelitian yang dilakukan ternyata kemampuan siswa SD Negeri 1 Jagabaya III, Way Halim Bandar Lampung dalam membaca al-Qur’an sudah cukup baik (80%). Sebagaimana dalam data tes, bahwa siswa yang mampu membaca al- Qur’an sebanyak 9 siswa dan siswa yang sangat mampu membaca al-Qur’an sebanyak 4 siswa 85%-90% dan siswa yang kurang mampu membaca al-Qur’an sebanyak 3 atau 70%. Kemampuan yang dimiliki siswa dalam membaca al-Qur’an tersebut sekaligus sebagai alat yang sangat urgen khususnya dalam meningkatkan prestasi belajar mereka. Hal tersebut sesuai dengan data tes. Sehingga pengaruh siswa yang demikian itu, juga berdampak positif pada nilai materi pendidikan agama Islam yang non al-Qur’an. Dengan demikian diharapkan siswa mampu memahami, mengerti, sekaligus menghayati isi bacaan al-Qur’an tersebut demi tercapainya prestasi pendidikan agama Islam di SD Negeri 1 Jagabaya III, Way Halim Bandar Lampung

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 21 Sep 2018 03:01
Last Modified: 21 Sep 2018 03:01
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4454

Actions (login required)

View Item View Item