ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PEMBIAYAAH MURABAHAH PADA PEMBELIAN HP DALAM PENCAPAIAN TARGET DI BMT LATAHZAN WAYGALIH LAMPUNG SELATAN

Khotimah, Nur (2018) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PEMBIAYAAH MURABAHAH PADA PEMBELIAN HP DALAM PENCAPAIAN TARGET DI BMT LATAHZAN WAYGALIH LAMPUNG SELATAN. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Di Indonesia perkembangan lembaga keuangan syariah semakin meningkat, hal ini menyebabkan persaingan pasar yang sangat tajam. Terjadinya persaingan antar lembaga keuangan menumbuhkan keharusan lembaga keuanga berupa BMT untuk berinovasi produk, seperti pembiayaan murabahah dengan pembiayaan pembelian HP. Untuk menjaga keberlangsungan produknya, BMT harus menerapkan strategi pemasaran yang tepat sasaran. Strategi pemasaran ini dimaksudkan agar masyarakat mengetahui dan mengenal produk, agar mengingat karena masyarakat kurang memahami tentang pembiayaan pembelian HP. Oleh karena itu, sangat diperlukan pemasaran yang baik dan sesuai dengan nilai-nilai pemasaran dalam Islam, khususnya BMT guna meningkatkan pencapayan target. Rumusan masalah dalam penelitian ini, yaitu: bagaimana strategi pemasaran pembiayaan murabahah pada pembelian HP dalam pencapian target dan bagaiamana analisis strategi pemasaran pembiayaan murabahah pada pembelian HP di BMT La Tahzan Way Galih Lampung Selatan dalam perspektif ekonomi islam. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pemasaran dalam pencapaian target dan mengetahui perspektif Ekonomi Islam tentang pemasaran produk pembelian HP pada BMT La Tahzan Way Galih Lampung Selatan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dan juga menggunakan penelitian kepustakaan (library research) guna melengkapi data. Pengumpulan data penelitian ini dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa strategi pemasaran yang dilakukan BMT La Tahzan Way Galih dalam pencapaian target yaitu dengan pemasaran secara canvassing (silaturahmi dan dilakukan dengan presentasi dengan instansi-instansi), open table (penawaran secara langsung dengan nasabah yang melakukan transaksi dengan costumer service), Pemasaran menggunakan model Personal Selling (penjualan pribadi)dan pengembangan bauran pemasaran seperti 4 P, product, price, place dan promotion. Dalam Perspektif Ekonomi Islam strategi pemasarannya yang dilakukan BMT La Tahzan Way Galih sudah sesuai dengan prinsip syariah dan tidak bertentangan dengan etika bisnis Islam. Untuk pengembangan bauran pemasaran yaitu 4 P, yaitu product, price, place dan promotion dalam pelaksanaannya juga tidak melanggar prinsip Islam dan sesuai etika bisnis Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 21 Sep 2018 02:38
Last Modified: 21 Sep 2018 02:38
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4453

Actions (login required)

View Item View Item