Apriliana, Andri
(2017)
KEMAMPUAN MENEMUKAN IDE POKOK PARAGRAF MELALUI PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME DALAM PROSES
PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PESERTA
DIDIK KELAS V MI AL-MUHAJIRIN
PANJANG BANDAR LAMPUNG
TAHUN AJARAN 2016/2017.
Undergraduate thesis, IAIN Raden Intan Lampung.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mencari ide pokok paragraf peserta didik di MI Al-Muhajirin Bandar Lampung. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan melalui 2 siklus dengan tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Alat pengumpulan data dalam penelitian menggunakan beberapa metode penelitian yaitu observasi, wawancara, dokumentasi, tes dan catatan lapangan. Oleh sebab itu, data penelitian diperoleh melalui observasi dikelas dan dokumentasi hasil tindakan yang dilakukan maupun data tentang gambaran kondisi kelas.
Hasil penelitian ini bahwa setelah menggunakan pendekatan konstruktivisme dapat meningkatkan hasil kemampuan mencari ide pokok paragraf pada mata pelajaran bahasa indonesia di MI Al-Muhajirin Bandar Lampung. Hasil belajar yang diperoleh adalah peningkatan hasil belajar peserta didik sesuai dengan ketuntasan yaitu 65. Peserta didik yang mendapat nilai ketuntasan (65) sebelum penelitian sebanyak 12 peserta didik (33%), siklus I sebanyak 20 peserta didik (56%), dan siklus II sebanyak 28 peserta didik (78%). Oleh sebab itu, dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan pendekatan konstruktivisme dapat meningkatkan kemampuan mencari ide pokok paragraf peserta didik kelas V di MI Al-Muhajirin Bandar Lampung.
Kata kunci: pendekatan konstruktivisme ,mencari ide pokok paragraf.
Actions (login required)
 |
View Item |