ATIKA, NURI
(2018)
METODE PENDIDIKAN HATI MENURUT IBNU QAYYIM
AL JAUZIYYAH DAN URGENSINYA DALAM
PENDIDIKAN ISLAM.
Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi karena minimnya orang yang peduli akan
kesehatan hatinya dan lebih mengutamakan kesehatan jasmaninya saja.
Kecenderungan manusia untuk selalu mengejar urusan dunia, membuat hatinya
menjadi sakit. Oleh karenanya hati manusia yang berpenyakit tersebut harus segera
untuk diobati. Ibnu Qayyim Al-Jauziyyah adalah ulama yang ahli dalam banyak
bidang misalnya tasawuf dan ia memiliki bahasan yang khusus tentang penyakit hati
dan pengobatannya.
Dalam penelitian ini peneliti merumuskan bagaimana pemikiran Ibnu Qayyim
Al-Jauziyyah tentang metode pendidikan hati serta bagaimana urgensinya dalam
pendidikan Islam. Adapun tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui
bagaimana pandangan Ibnu Qayyim Al-Jauziyyah tentang metode pendidikan hati
serta bagaimana pula urgensinya dalam pendidikan Islam. Penelitian ini termasuk
kedalam library research (penelitian kepustakaan) yaitu suatu penelitian yang
bertujuan untuk mengumpulkan data dan informasi dengan bantuan bermacammacam
materi yang terdapat dalam kepustakaan. Adapun sifat dari penelitian ini
termasuk “Deskriptif Kualitatif”. Metode pengumpula data yang dipakai dalam
penelitian ini adalah adalah metode dokumentasi, sedangkan teknik analisis datanya
menggunakan teknik analisis isi (content analysis) yang berkaitan dengan data primer
maupun sekunder.
Hasil penelitian yang peneliti temukan terkait dengan metode pendidikan hati
menurut Ibnu Qayyim al-Jauziyyah dan urgensinya dalam pendidikan Islam adalah :
Dari semua penyakit hati tersebut metode pendidikan hati yang ditawarkan oleh Ibnu
Qayyim yang paling penting adalah dengan menjaga kekuatan mental dan
menghindari hal-hal yang membuat penyakit hati lebih parah, dan cara yang dapat
dilakukan adalah : Mentauhidkan Allah, Membaca al-Qur’an, Do’a, Muhasabah,
menjauhkan diri dari maksiat, dan berdzikir serta beristighfar. Pentingnya metode
pendidikan hati dalam pendidikan Islam tidak lain karena apabila hati nya tidak sehat
dan berpenyakit maka tindakan yang akan dilakukan seseorang itu pasti akan buruk
juga. Maka sangatlah penting untuk senantiasa memupuk keimanan dalam diri
manusia agar mendapatkan kesahatan hati dan terhindar dari bujuk rayu dan bisikkan
setan, sehingga hati hanya mengingat Allah Swt.
Actions (login required)
 |
View Item |