METODE PENDIDIKAN HATI MENURUT IBNU QAYYIM AL JAUZIYYAH DAN URGENSINYA DALAM PENDIDIKAN ISLAM

ATIKA, NURI (2018) METODE PENDIDIKAN HATI MENURUT IBNU QAYYIM AL JAUZIYYAH DAN URGENSINYA DALAM PENDIDIKAN ISLAM. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img]
Preview
PDF
Download (70MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena minimnya orang yang peduli akan kesehatan hatinya dan lebih mengutamakan kesehatan jasmaninya saja. Kecenderungan manusia untuk selalu mengejar urusan dunia, membuat hatinya menjadi sakit. Oleh karenanya hati manusia yang berpenyakit tersebut harus segera untuk diobati. Ibnu Qayyim Al-Jauziyyah adalah ulama yang ahli dalam banyak bidang misalnya tasawuf dan ia memiliki bahasan yang khusus tentang penyakit hati dan pengobatannya. Dalam penelitian ini peneliti merumuskan bagaimana pemikiran Ibnu Qayyim Al-Jauziyyah tentang metode pendidikan hati serta bagaimana urgensinya dalam pendidikan Islam. Adapun tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana pandangan Ibnu Qayyim Al-Jauziyyah tentang metode pendidikan hati serta bagaimana pula urgensinya dalam pendidikan Islam. Penelitian ini termasuk kedalam library research (penelitian kepustakaan) yaitu suatu penelitian yang bertujuan untuk mengumpulkan data dan informasi dengan bantuan bermacammacam materi yang terdapat dalam kepustakaan. Adapun sifat dari penelitian ini termasuk “Deskriptif Kualitatif”. Metode pengumpula data yang dipakai dalam penelitian ini adalah adalah metode dokumentasi, sedangkan teknik analisis datanya menggunakan teknik analisis isi (content analysis) yang berkaitan dengan data primer maupun sekunder. Hasil penelitian yang peneliti temukan terkait dengan metode pendidikan hati menurut Ibnu Qayyim al-Jauziyyah dan urgensinya dalam pendidikan Islam adalah : Dari semua penyakit hati tersebut metode pendidikan hati yang ditawarkan oleh Ibnu Qayyim yang paling penting adalah dengan menjaga kekuatan mental dan menghindari hal-hal yang membuat penyakit hati lebih parah, dan cara yang dapat dilakukan adalah : Mentauhidkan Allah, Membaca al-Qur’an, Do’a, Muhasabah, menjauhkan diri dari maksiat, dan berdzikir serta beristighfar. Pentingnya metode pendidikan hati dalam pendidikan Islam tidak lain karena apabila hati nya tidak sehat dan berpenyakit maka tindakan yang akan dilakukan seseorang itu pasti akan buruk juga. Maka sangatlah penting untuk senantiasa memupuk keimanan dalam diri manusia agar mendapatkan kesahatan hati dan terhindar dari bujuk rayu dan bisikkan setan, sehingga hati hanya mengingat Allah Swt.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 13 Sep 2018 07:52
Last Modified: 13 Sep 2018 07:52
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4418

Actions (login required)

View Item View Item