PENGARUH PENGETAHUAN, KEPERCAYAAN, DAN KEMUDAHAN PENGGUNAAN E-BANKING TERHADAP MINAT BERTRANSAKSI ULANG SECARA ONLINE DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Kasus Pada Nasabah Bank BNI Syariah KC Tanjungkarang)

Nisa, Azizah Khoirun (2018) PENGARUH PENGETAHUAN, KEPERCAYAAN, DAN KEMUDAHAN PENGGUNAAN E-BANKING TERHADAP MINAT BERTRANSAKSI ULANG SECARA ONLINE DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Kasus Pada Nasabah Bank BNI Syariah KC Tanjungkarang). Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan berkembangnya secara pesat industri perbankan yang menuntut untuk memiliki keunggulan yang kompetitif yang pada akhirnya memunculkan fasilitas teknologi informasi modern yang baik dan maju. Layanan yang baik dilakukan dengan tujuan agar semakin banyaknya minat nasabah yang tertarik untuk terus menggunakan layanan maupun jasa perusahaan perbankan. Ebanking merupakan salah satu layanan yang diberikan oleh pihak perusahaan perbankan yang menggunakan teknologi modern. E-banking ini bertujuan untuk meningkatkan pelayanan kepada nasabah, serta memberikan kemudahan bagi para nasabahnya dalam melakukan transaksi perbankan. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1) Apakah pengetahuan, kepercayaan dan kemudahan penggunaan e-banking berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat bertransaksi ulang secara online di bank BNI Syariah KC Tanjungkarang secara parsial? 2) Apakah pengetahuan, kepercayaan, dan kemudahan penggunaan e-banking sama-sama berpengaruh terhadap minat bertransaksi ulang secara online di bank BNI Syariah KC Tanjungkarang? 3) Apakah pengetahuan, kepercayaan, dan kemudahan penggunaan e-banking berpengaruh terhadap minat bertransaksi ulang secara online ditinjau dari perspektif ekonomi Islam?. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research), data yang digunakan dalam penelitian ini berupa data pimer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara, kuisioner, dan dokumentasi. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik accidental sampling yang berjumlah 45 orang yang merupakan nasabah bank BNI Syariah KC Tanjungkarang. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif (statistik) dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Untuk membantu proses penyelesaian penelitian ini maka analisis statistik ini dibantu dengan program aplikasi statistik SPSS 16 For Windows. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa variabel pengetahuan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat bertransaksi ulang secara online, dengan nilai signifikansi sebesar 0,048. Variabel kepercayaan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat bertransaksi ulang secara online, dengan nilai signifikansi sebesar 0,006. Variabel kemudahan penggunaan memiliki pengaruh negatif dan signifikan terhadap minat bertransaksi ulang secara online, dengan nilai signifikansi sebesar 0,002. Sedangkan secara simultan pengetahuan, kepercayaan, dan kemudahan penggunaan e-banking sama-sama berpengaruh terhadap minat bertransaksi ulang secara online, dengan nilai signifikansi sebesar 0,000. Pengetahuan, kepercayaan dan kemudahan penggunaan e-banking ditinjau dari perspektif ekonomi Islam sesuai dengan apa apa yang difirmankan oleh Allah. Yaitu Allah menyukai bagi setiap manusia yang menuntut ilmu pengetahuan, menjaga kepercayaan atau amanah dari orang lain, dan memberikan kemudahan-kemudahan bagi setiap kesulitan serta mengharuskan menuliskan setiap transaksi yang berupa non-tunai.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 13 Sep 2018 06:21
Last Modified: 13 Sep 2018 06:21
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4412

Actions (login required)

View Item View Item